14 April, 2013

Haramnya Tahazzub (bergolong-golongan) dan Fanatisme dengan Dasar Kezhaliman atau Hawa Nafsu

بسم الله الر حمن الر حيم

Wahai saudara-saudari muslimin dan muslimah, para muallimin dan muallimah, dilarang menghasut manusia untuk masuk ke sebuah golongan dan melakukan sesuatu yang menyebabkan permusuhan dan kebencian di antara mereka. Sebaliknya mereka harus bersaudara dan saling tolong menolong dalam kebajikan dan takwa. Allah Ta'ala berfirman:

"و تعاونو اعلى البر ااتقوى ولاتعاو نواعلى الاثم والعدوان"


"Dan tolong menolonglah kalian dalam kebajikan dan takwa dan jangan kalian saling tolong menolong dalam dosa dan permusuhan" (QS Al Ma'idah: 2)
Para muallimin juga tidak boleh mengadakan perjanjian dengan seseorang untuk selalu mengikuti setiap keinginannya, membela orang yang dibelanya dan memusuhi orang yang dimusuhinya. Perbuatan ini sama dengan perbuatan 'Jenghis Khan' dan orang yang sepertinya yang menganggap orang yang patuh kepadanya sebagai teman dan orang yang membangkang kepadanya sebagai musuh dan pembangkang.

Namun seharusnya mereka dan para pengikutnya harus selalu berpegang dengan janji untuk selalu taat kepada Allah dan Rasul-Nya, melakukan apa yang diperintahkan kepada mereka, mengharamkan apa yang diharamkan Allah dan Rasul-Nya, dan menjaga hak-hak muallim, sebagaimana yang diperintahkan Allah dan Rasul-Nya.

Jika salah seorang ustadz dizhalimi maka dia harus menolongnya. Sebaliknya jika dia melakukan kezhaliman maka harus dicegah dan tidak boleh membantunya dalam kezhaliman itu. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang terdapat dalam As Shahih:
نصرأخاك ظالما أومظلوما قيل يا رسول الله هذا أنصره مظالوما فكيف أنصره ظالما قال تمنعه من الظلم فذالك نصرك اياه"

"Tolonglah saudara kalian yang zhalim atau yang dizhalimi." Para sahabat bertanya: "Wahai Rasulullah! Kami akan menolong saudara kami yang dizhalimi, tapi bagaimana kami menolong saudara kami yang berbuat zhalim?" Rasulullah bersabda: "Kamu mencegah kezhalimannya, itulah pertolonganmu kepadanya."



P.S. Subhanallah...Allahuma shalli ala sayyidina Muhammad wa ala alihi wa shahbihi wa sallim... <3

Tidak ada komentar: