30 Januari, 2015

Iblis Wawatsin

Bismillah ar-rahman ar-rahim

Orang beriman hendaknya tidak sampai terbujuk rayu oleh Iblis Wawatsin.
Iblis Wawatsin adalah iblis yang menjerumuskan orang yang beriman agar selalu menggerutu, tidak sabar, tidak ikhlas setiap kali menerima musibah atau cobaan dari ALLAH Ta'ala.

"Sesungguhnya wanita-wanita yang merintih (lantaran menerima musibah) ini akan dijadikan kelak di hari kiamat dua barisan dalam neraka Jahanam, satu barisan berada disebelah kanan penduduk neraka dan satu barisan lagi berada di sebelah kiri, akhirnya mereka menggonggong kepada penduduk ahli neraka, sebagaimana layaknya anjing-anjing yang menggonggong." (HR. Ath-Thabrani)

Orang yang meratapi musibah dengan menggerutu sampai merobek-robek pakaiannya adalah dosa. Tindakan seperti ini merupakan cermin ketidakikhlasan atas takdir ALLAH, seakan ia menyalahkan ALLAH, yang menghilangkan kesenangan dirinya, padahal semua apa yang di alam ini telah ditentukan oleh ALLAH masanya atau kehancurannya.
Oleh karena itu, syari'at memerintahkan untuk bersabar, dan ikhlas setiap kali menerima cobaan dan musibah dari ALLAH Ta'ala, sebab setiap musibah itu ada hikmah yang terkandung didalamnya.
ALLAH mengancam akan menyiksa terhadap orang yang tidak bersabar dalam menerima musibah, sebagaimana yang disabdakan oleh
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa sallam: "Tidak termasuk umat kami yang sempurna orang yang menampari pipinya sendiri (ketika menerima musibah), merobek-robek leher bajunya sendiri dan meratapi mayat, sebagaimana kebiasaan orang-orang jahiliyah." (HR.Bukhari-Muslim)

Demikianlah diantara ancaman siksa bagi orang yang mengikuti Iblis Wawatsin. Sehingga ia selalu menggerutu setiap kali menerima musibah. Iblis ini dalam menjerumuskan orang yang beriman kedalam jurang kemaksiatan dan kekufuran adalah dengan menanamkan ketidakpuasan terhadap takdir ALLAH, mempengaruhi jiwanya agar memberontak ketika menerima musibah, membakar emosinya dan menghilangkan sifat sabarnya.

Semoga ALLAH menguatkan iman dan taqwa kita semua, dan dijauhkannya dari bujuk rayu dan gangguan Iblis Wawatsin, aamiin.

Tidak ada komentar: