15 Januari, 2009

Sejarah Hamas

Hamas adalah sebuah organisasi Islam fundamentalis yang memiliki sayap militer,yang mengakui bertanggung jawab atas serangan teroris terhadap warga sipil di Israel.
Grup ini tercipta pada bulan Desember 1987 , tumbuh dari muslim brotherhood , agama dan politik organisasi yang di dirikan di Mesir.
Tujuan-nya adalah Islam fundamentalis negara Palestina.Yang dianggap oleh Israel dan Amerika sebagai organisasi teroris.

Hamas adalah akronim untuk "harekat Al-Muqawama Al-Islamia" atau resistence gerakan Islam.Grup yang utama adalah sebuah organisasi keagamaan dan derma antara tahun 1960-an dan 1980-an. Sayap ini telah di khususkan untuk agama, militer,politik dan keamanan kegiatan.

Hamas memiliki anggaran tahunan sebesar $70 juta , menurut Dewan Hubungan Luar Negeri. Hamas mendapat dukungan finansial, dari asing Palestina donor swasta di Timur Tengah ,Muslin amal di barat dan Iran.

Sejarah peristiwa penting dalam 21-tahun:

1988 - Perjanjian Resistance gerakan Islam di terbitkan.Grup ini mempersembahkan diri sebagai alternatif dari PLO.
1989- Sebuah pengadilan Israel Tasmania pemimpin Hamas Sheikh Ahmad Yassin Memesan dari anggota Hamas untuk menculik dan membunuh 2 tentara Israel.

April 1994- Hamas menyusun pertama bom bunuh diri, yang menewaskan 5 orang di kota hedera Israel.
Februari hingga Maret 1996 keretakan Otoritas Palestina di hamas, setelah Hamas membom dengan serangkaian bom bunuh diri di Israel yang menewaskan 50 orang. Presiden Palestina Yasser Arafat mengutuk pembombing , merujuk kepada mereka sebagai "terrorist operation" yang setelah itu sekitar 140 penangkapan PNA di duga anggota Hamas.



1997- Pemimpin Hamas sheikh Ahmad Yassin di lepaskan dari penjara .

1999- Raja Abdullah dari Jordan menutup markas Hamas di Jordan.

2001- US State Department mendaftar Hamas resmi kelompok teroris.

12 Juni 2003- Samar-samar Hamas bertanggung jawab atas bom bunuh diri , dengan peledakan ultra-ortodoks yahudi di Yerusalam bus, yang menewaskan 16 Israel.

20 Agustus 2003- Samar-samar Hamas bertanggung jawab atas peledakan bus, yang menewaskan kurang dari 20 orang Israel.

Januari 2004-Pertama kali bom bunuh diri wanita Hamas, yang menewaskan 4 Israel, dalam operasi bersama dengan Erez Al-Aqsa Martyrs Brigades.

14 Maret 2004-Hamas dan Al-Aqsa Martyrs Brigades bertanggung jawab atas 2 serangan Israel , di pelabuhan ashdod yang menewaskan 10 Israel.

22 Maret 2004- Pemimpin Hamas Ahmad Yassin tewas dalam serangan udara Israel.

23 Maret 2004-Dr, Adul Aziz Rantisi menggantikan Ahmad Yassin.

17 April 2004- Rantisi terbunuh di mobilnya lewat serangan udara Israel.

31 Agustus 2004- Hamas menyatakan bertanggung jawab atas ledakan di dua bus, di bagian kota Israel Beer Sheva, yang menewaskan 14 orang dan luka-luka 80 orang.

26 september 2004-Anggota Hamas Eldin Subhi Sheikh Khalil terbunuh lewat bom mobil, waktu meninggalkan rumahnya di Damaskus syiria.

12 Desember 2004- Hamas menyatakan bertanggung jawab atas penyerangan di sebuah pos pemeriksaan di daerah perbatasan antara jalur Gaza dan Mesir yang menewaskan 5 orang Israel.

14 Januari 2005-Hamas menyatakan bertanggung jawab atas peledakan bom di di persimpangan Karni di perbatasan Gaza-Israel yang menewaskan 6 Israel.

25 Januari 2006-Hamas berjalan sebagai "Change and Reform Party" berpartisipasi untuk pertama kalinya dalam pemilihan parlamen Palestine. Grup tersebut fielding 62 kandidat.

26 januari 2006- Hamas memenangkan tanah longsor di pemilu legislatif Palestina.Hamas memenangkan 76 kursi dan Fatah 43 kursi di 132-kursi Dewan Legislatif Palestina.Hamas memberikan mayoritas.

29 Maret 2006- Perdana Mentri Palestina , Ismael Haniya dan kabinet bersumpah di hadapan Pemerintah Amerika Serikat dan Kanada , bahwa ia tidak akan kontak dengan Hamas yang di pimpin oleh Pemerintah Palestina.

25 Juni 2006-Hamas militan menyerang sebuah pos militer Israel dan membunuh 2 prajurit.Ketiga, Gilad shalit di culik.Pemerintah Palestina menyangkal apapun dengan penyerangan ini.

Awal Juni 2007-Setelah satu minggu lamanya perang antara Hamas dan Fatah seizes kontrol dari Gaza.

14 Juni 2007- Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas,mengangkat Ismael Haniya sebagai Perdana Mentri.Namun Haniya menolak dan tetap menjadi pemimpin de facto di Gaza.

April 18-19 2008-Mantan Presiden AS Jimmy Carter,bertemu dengan pemimpin Hamas Khaled Meshaal yang di asingkan di damascus syria.

Juni 2008-Gencatan senjata antara Israel dan Hamas yang di negosasikan oleh Mesir akan berlaku.Hamas setuju untuk menghentikan rockets penembakan di perbatasan Israel , dan Israel mengizinkan perdagangan terbatas dalam dan luar Gaza. Gencatan senjata memiliki batas waktu 6 bulan.

19 Desember 2008-Hamas resmi berakhir gencatan senjata dengan Israel.

24 Desember 2008-Meningkat serangan roket dari Hamas yang mendapat balasan serangan udara dari Israel.

28 Desember 2008 sampai Januari 2009- Hamas- Israel resmi melakukan gencatan senjata, yang menewaskan sampai saat ini, lebih dari 1203 dan luka-luka lebih dari 5300,rakyat Palestina di Gaza.

10 komentar:

arie yanie mengatakan...

assalammualaikum...

thanx to infonya yah mba' :)

wasalam

srex aswinto mengatakan...

Lepas dari sepak terjang Hamas yg begitu menteror Israel, Tindakan tersebut sebenarnya dilakukan juga pada kelompok2/faksi2 di Palestina sendiri, terutama pada sisa2 dari gerakan PLO. Seperti kita ketahui, bahwa sejak perjanjian damai (Camp David) Israel dan Palestina yg diwakili oleh Yasser Arafat dg PLO nya (dimoderatori oleh USA), telah menimbulkan rasa tidak puas di sebagian kelompok/faksi di Palestina terutama Hamas, mereka menganggap Arafat sebagai pengkhianat yg telah menjual tanah Palestina kepada Israel(USA) sehingga mengakibatkan perseteruan antara Hamas dan PLO. PLO sendiri mengalami perpecahan terutama setelah kematian "misterius" Arafat, Hamas makin memperoleh dukungan, sampai akhirnya dianggap sebagai suatu kekuatan militer yg tidak dapat diabaikan oleh Israel maupun USA.

Seandainya Arafat masih hidup, mungkin sekarang ceritanya akan berbeda........

bongjun mengatakan...

hamas lahir sbg reaksi atas kebiadaban israel yang mencaplok jengkal demi jengkal tanah palestina. sementara gerakan zionis muncul karena penyakit "megalomania" kaum yahudi yg merasa menjadi ras yang paling unggul di dunia ini. Hamas masih diperlukan disaat perundingan masih menggunakan standard ganda.

sementara itu di pulau terpencil di belahan indonesia diam-diam virus HIV/AIDS berkembang biak. detail in my blog.

salam dari laut cina selatan

Aisha mengatakan...

@arie yanie:

You're welcome my dear.

@srex aswinto & @bongjun:

Hamas mempunyai haq 100%untuk membela dan mengusir musuh dari tanah air mereka.Namun Hamas juga harus mengakui hakikat kekuatan dan kekejaman musuh(Israel).sejarah di atas ini,jelas sekali Hamas memancing buaya.

Shanty Mahanani mengatakan...

"sejarah di atas ini, jelas sekali Hamas memancing buaya."
SANGAT SETUJU!!!!!

mantanht mengatakan...

Simak terus update diskusi antara Hizbut Tahrir dan mantan Hizbut Tahrir, tentang Hizbut Tahrir dan da'wah khilafahnya di :

http://mantanht.wordpress.com


Semoga menambah wawasan kita bersama.

P. Irfansyah mengatakan...

oke bagus postingnya. from http://bina-informatika.co.cc gimana dah dicoba web gratisnya?hehehe.thanks tas commentnya di siteku..

Aisha mengatakan...

@Shanty Mahanani
Thanks Ideanya...

@mantanht
Thanks informasinya.

@P.Irfansyah
You're welcome.Sitenya ku coba sekali gagal, dan belum ku coba lagi, dan masih ingin mencoba lagi.Thank u.

moerti mengatakan...

Aduuhhh....mbak aku paling gak suka kekerasan...apalagi peperangan....liat korban sipil, wanita dan anak2 yang mati aku gak kuat....
semoga segera dihentikan yah secepatnya perang di Gaza itu.....

Anonim mengatakan...

tulisannya copy, paste, translate..... terjemahannya payah, isinya juga. free palestine.... down,down israel