16 Februari, 2009

Pentingnya dan Manfaat Mineral Dalam Tubuh Manusia


Buah-buahan


Sayur-sayuran


Buah Lo Han


Beri Goji


Tanah Liat.

Peninjauan bagaimana mineral bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Mineral termasuk elemen dasar yang di temukan di alam.Mineral esensial membantu tubuh manusia berfungsi dengan baik ,misalnya,boron menjaga gigi dan tulang tetap sehat dan juga membantu metabolisme .
Kalsium di perlukan untuk pengumpulan darah dan juga mengatur pensinyalan antar-sel ,dan kontraksi otot.
Kromiom membantu dalam mencapai toleransi insulin dan glukosa (gula).Kobalt di temukan dalam vitamin B12 .
Tembaga berperan dalam pembentukan hemoglobin ,membantu penyerapan,dan penggunaan zat besi dan bertanggung jawab atas kulit yang sehat dan warna rambut.
Fluoride membantu mencegah gigi berlubang dan berperan penting dalam kesehatan tulang dan gigi.
Yodium terdapat dalam hormom teroksin atau T4 dan Triodotironin atau T3.Zat besi terdapat dalam sitokrom,mioglobin dan himoglobin.
Magnesium terutama terdapat dalam tulang kita dan peran utamanya adalah mengatur potensial listrik dalam saraf dan sel otot.
Fosfor adalah mineral yang terdapat di tulang dan gigi yang memainkan peran kunci dalam metabolisme energi :
Potasium bertanggung jawab atas aktivitas otot jantung ,metabolisme dan sintesis protein. Ia berperan penting dalam keseimbangan cairan dan elektrolit.
Selenium di perlukan untuk fungsi jantung yang baik dan mencegah beberapa penyakit kanker.
Sodium di temukan dalam cairan ekstra sel .Sulfur di perlukan untuk metabolisme energi dan fungsi enzim dan juga membantu dalam detokfisikasi fisik.
Seng terdapat dalam enzim dan berperan penting dalam faktor transkripsi tubuh ,yang mengontrol pemindahan informasi genetik.

Tubuh punya kemampuan bawaan untuk menyembuhkan dirinya.Tetapi pengobatan modern sering mengobati gejala tanpa memperhatikan kapasitas penyembuhan ini dan penyebab penyakitnya.
Mineral yang terdapat dalam tumbuhan obat (herbal) dapat di gunakan mengobati penyebab yang mendasarinya.Dan selama ribuan tahun telah di gunakan dengan sukses di seluruh dunia untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit.Kaya akan mineral , vitamin, dan antioksidan.
Herbal membantu meremajakan dan menyembuhkan tubuh.Penyakit di timbulkan oleh faktor dalam seperti ketidakseimbangan tubuh ,pikiran atau jiwa, dan pengaruh luar termasuk pola makan ,lingkungan, polusi,merokok,dan komsumsi daging.Karena itu obat herbal adalah cara bagus untuk mendetoks dan membersihkan tubuh, membantu mendorong sistem kekebalan dan memberikan kesehatan.

Banyak obat herbal sangat tinggi kandungan antioksidannya ,yang berperan penting dalam proses penyembuhan bawaan kita dan membantu memperkuat sistem kekebalan.Studi baru-baru ini menunjukkan bahwa herba oregano ,misalnya memiliki 42 kali lebih banyak antioksidan daripada apel ,30 kali lebih banyak dari pada kentang ,12 kali lebih banyak daripada jeruk, dan 4 kali lebih banyak daripada bluberi .

Berikut adalah beberapa jenis tumbuhan obat beserta penjelasan singkat pemakaian umum mereka:Akar valerian adalah obat umum untuk rasa gelisah dan susah tidur ,Echinacea membangun daya tahan terhadap dingin ,flu dan virus .
Lidah buaya adalah pembersih kulit alami dan antiseptik untuk luka.
Ginkgo Biloba membantu meredakan asma dan merupakan bahan antiradang .
Akar Burdock merangsang kesehantan rambut dan secara alami memurnikan darah , dan akar Dong Quai membantu mengobati borok.

Pentingnya bahan gizi dan mineral dalam tanah di refleksikan dalam kualitas pengobatan dari tanah liat .Salah satu pembersih alami yang paling ekfektif adalah bubuk obat yang di sebut "montmorilonit",nama yang berasal dari kota di perancis dimana ia di temukan .
Para ahli mineral memakai istilah "smektit" untuk menjelaskan bahan yang sama.Akan tetapi praktek kuno mengonsumsi tanah liat untuk menyerat toksin telah berhasil di gunakan oleh penduduk asli selama ribuan tahun.

Tanah liat khusus ini berisi mineral penyembuhan dalam kadar tinggi dari endapan debu vulkanik yang termakan oleh cuaca.Tanah liat bertindak sebagai perekat untuk menyingkirkan limbah dan racun yang berlebih sembari memberikan bahan gizi yang penting dan melewati tubuh tanpa di cerna , membuatnya istimewa.
Tanah liat menyerap toksin seperti logam berat , radikal bebas dan pestisida. Setelah menarik bahan-bahan ini kepermukaanya yang "lengket" , ia menyingkirkan mereka dari tubuh seperti spons.
Karena sifat perekat tanah liat yang istimewa ,ia memiliki sejumlah sifat penyembuhan seperti melenyapkan kista atau tumor yang melekat pada sendi dan urat daging.
Tanah lihat memiliki banyak manfaat lainnya seperti meningkatkan keteraturan usus dan menyembuhkan konstipasi kronis ,diare, salah cerna,dan borok.
Efek positif lainnya termasuk peningkatan energi fisik, kulit yang lebih bersih , mata yang lebih terang dan lebih putih, kewaspadaan meningkat , emosi membaik,jaringan oto membaik,dan perbaikan gusi serta meningkatkan perlawanan terhadap infeksi.
Dengan petunjuk yang tepat , jenis tanah liat yang tepat,dapat di gunakan setahun sekali untuk"spring cleaning"atau detoks.Ia juga dapat di gunakan untuk memberikan banyak manfaat, termasuk melenyapkan parasit usus,penyembuhan elergi, dan demam jerami dan melenyapkan jerawat dan anemia (kekurangan zat besi).
Dari sudut pandang medis , tanah liat membantu anemia ,karena ia mengandung kedua jenis zat besi(ferus dan ferik) dalam bentuk yang mudah di cerna; ia mengurangi rasa tidak enak akibat elergi dengan menetralkan penyebab elergi secara cepat yang jika tidak ,akan memproduksi reaksi elergik ;dan meredakan rasa panas dalam perut dan salah cerna dengan menyerap asam perut yang berlebih .
Berdasarkan informasi Keith Payne dari White Rock Mineral Corperation di Utah, peran utama tanah liat adalah membersihkan kolon (usus besar) .Dengan kolon yang bersih ,kemampuannya menyerap mineral dan zat gizi lainnya meningkat , menjadikan mineral lebih tersedia bagi tubuh , karenanya memberikan lebih banyak energi.

Beri Goji Himalaya , yang memiliki sejarah 3000 tahun di China dan bagian Asia lainnya . Beri Goji mengandung 18 asam amino dan 21 mineral kelumit .Manfaat lainnya adalah tingginya kadar antioksidan , asam amino,polisakarida dan berbagai bahan gizi lainnya yang telah di tunjukkan mempromosikan banyak manfaat kesehatan , vitalitas, energi,ketahanan , panjang usia,tidur nyenyak dan perasaan tenang, dan kondisi sehat .
Seperti Beri Goji , buah Lo Han berasal dari China.
Penjelasan manfaat pengobatan dari Lo Han dan tanaman gula alami lainnya sebagai berikut: Buah Lo Han telah di gunakan oleh penduduk setempat di Provinsi China selatan selama berabad-abad, sebagai pemanis dan obat herbal untuk pengobatan paru-paru tersumbat ,flu,sakit tenggorokan dan masalah minor pada perut dan usus.
Ekstrak Lo Han membantu mengurangi gas , konstipasi dan radang pernafasan , dan juga merintangi virus Epstein-Barr dan menunjukkan sifat antikarsinogen.
Stevia rebaudiana, yang memiliki nama julukan "herba Manis" membantu mengatur gula darah dan menurunkan tekanan darah tinggi dan memungkinkan orang-orang mencapai berat optimum dengan mengurangi keinginan akan makanan bergula.
Herbal manis ini juga di laporkan mengurangi keinginan merokok dan minum alkohol ,dan di gunakan dalam masker wajah untuk menghaluskan kerutan dan memulihkan kulit rusak dan jerawat .
Akar Peru mengandung gula kusus yang di sebut "oligofruktosa"yang tidak dapat di serap oleh tubuh dan mengandung separoh kalori dari gula meja.
Manfaat lainnya dari oligofruktosa adalah ia mengaktifkan bakteri berguna di usus besar , sehingga meningkatkan kesehatan.

Para Ilmuwan mengatakan , ia baik bagi usus berpotensi melindungi dari kanker , membantu penyerapan kalsium dan vitamin, dan dapat mengurangi tingginya gula darah bagi penderita deabetes.Serupa dengan vitamin mineral memainkan peran penting dalam memelihara kesimbangan tubuh manusia untuk kesehatan secara keseluruhan.Karena itu penting bagi manusia untuk mendapatkan elemen-elemen penting ini melalui sumber-sumber alami untuk pertumbuhan tubuh , pengembangan,dan kesehatan.

20 komentar:

mrpsycho mengatakan...

buah louhan dan gori tuh kayak apa ya,belum pernah coba ..
kalo tanah liat juga nggak pengen nyoba hihihi .. mungkin brother bongjun sama Mas Srex dan Fernando duluan,nanti kasih info ya bagaimana rasanya hehehe. Btw makanan memang penting,dan bagi saya juga memberi sugesti,bahwa jika makan makanan yg sehat,tubuh terasa lebih sehat

moerti mengatakan...

mbak...tu buah dan sayurannya enak kalo dibikin salad...disiram keju cair...yummy...!
roti dan kueh buatanku dijamin mengandung semua mineral yang mbak tulis....ditanggung halal dan menyehatkan, kalo ada yang pesan mineral lainnya bisa ditambahkan...kecuali satu....Uranium !...xixixi..,aw..

srex aswinto mengatakan...

Mbak Aisha, izin nambah info ya...
mineral yang mbak sebut seperti B, F,I,Mg,Se,dll...itu masuk dalam golongan "trace element". Yang dibutuhkan dalam jumlah sangat kecil bagi tubuh manusia...repotnya sekarang banyak produk2 yang ditawarkan (MLM) dalam bentk suplemen yg mengandung trace element...nah...padahal bila berlebihan justru akan menyebabkan kerusakan organ2 tubuh, mulai dari kecacatan pada janin, sampai gangguan metabolisme saraf-otak, otot, tulang, rambut dan fungsi2 jantung, ginjal, hati, gonade dll
Dan biasanya sulit untuk diperbaiki bila telah timbul penyakit karena kelebihan mineral.
Selama kita hanya memperoleh trace element dari makanan sehari-hari dalam porsi yg seimbang sesuai dengan kebutuhan (anak,dewasa, hamil,dll) dijamin akan aman.

Oh ya...template yang ini kok gak bisa di akses komentnya lewat ponsel ya mbak...? kalo kemarin yg gambar "golden gate" gampang banget tuh....apa settingnya yg berubah?

Aisha mengatakan...

@mrpsycho
Yub bro, tubuh sehat adalah yang utama.Jadi untuk mendapatkan kesehatan itu , kita perlu banyak-banyak mengosumsi buah-buahan dan sayur sayuran, biji-bijian.
Tanah liat cara menggunakannya dengan cara di tanamin tanaman kemudian tanaman itu di kosumsi/berupa serbuk, bisa juga dengan cara melulurkan ke seluruh badan.
Buat buah Lo Han, tanah Liat, Beri Goji itu adalah salah satu Herbal obat penyembuhan gejala penyakit secara alami,yang juga kaya akan mineral dan vitamin, atau pengganti obat modern, kalau tubuh tidak membutuhkah tidak usah di gunakan.

Saya dengar banyak orang-orang Indonesia masih banyak yang berobat ke dukun atau paranormal.Yang hasilnya justru kebanyakan fatal.So, ini saya punya resep original untuk penyembuhan berbagai penyakit dari tinjauan para ilmuwan se dunia.Bisa di share ke siapa saja.:)

@ moerti
Yab my dear, fruits salad yang mangandung banyak mineral, sangat bagus buat tubuh kita, bisa di makan dengan apa saja yang cocok, seperti keju yang rasanya jadi nikmat manis,asam asin (sweet and saor).Kalau saya biasa fruits salad untuk sarapan dan makan malam.Karena kalau sudah makan itu , nggak bisa makan makanan lainya.Bagus buat diet.

@srex Aswinto
Yub, kelebihan mineral juga membahayakan dan kekurangan mineral juga membahayakan. Kalau memakai suplemen harus hati-hati membacanya dan harus mengikuti dosis-dosis untuk umur yang sudah di tentukan.Dan harus konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.Cara yang terbaik adalah seperti apa yang ku uraikan di atas, menperoleh minerals dengan cara alami( mengosumsi buah-buahan dan sayur-sayuran).Atau seperti yang anda katakan "memperoleh trace element dari makanan sehari-hari".Tapi aku masih menggunakan suplemen juga,saran dari dokter, masalahnya makanan yang aku kosumsi sehari-hari tidak cukup buat tubuhku:)

Owh, masa sih, temple baru saya ini kali ya,...emang kalau aku setting di "Embedded below post"nggak muncul komentnya. Ya terpaksa aku ganti "full Page'.

Aisha mengatakan...

@mrpsycho

saya belum bisa visit keblogmu bro. masa cuma separoh artikel yang bisa ke buka heheh ada apa yah? apa coneksiku nggak kuat atau dari scurity, atau gemana ya? teman-teman kasih saran dong,...Terimaksih banyak.

mrpsycho mengatakan...

ada beberapa tanaman obat yg mujarab,bukan versi dukun tentunya,tp saya belum paham betul dan ingin mempelajarinya baru bisa share ke teman2 juga..
wah nggak ngerti kalo blog saya susah diakses,sis..mungkin engine-nya wordpress kali?

Aisha mengatakan...

@mrpsycho
Udah bro,..dan akhirnya bisa juga.

srex aswinto mengatakan...

Duhh...bagusnya template yg ini...akses nya jg lancaar....
Tu bukan gb coloseum di italy? Kayaknya mirip ya mbak?

bongjun mengatakan...

jadi ingat lagu Aku Anak Sehat, brother mrpsycho pasti hafal liriknya.

weh, saya tunggu postingan lanjutannya ttg sayur mayur yang manjur buat badan saya yg sudah semakin uzur karena makan tak teratur dan kurang tidur.

Aisha mengatakan...

@ srex aswinto

Thanks mas Wint. Bukan Italy ,itu di Canada.

@ Bonjun

Tentu bongjun, moga artikelku bermanfaat ,...Kesehatan adalah yang utama dalam hidup.
Di coba ya,..dan ku tunggu hasilnya hehe canda.

kucingkeren mengatakan...

wah..lengkap banget artikelnya ..skrin syutnya jg.. itu tulis sendiri, kah?

fernando mengatakan...

Mbak emangnya dijeddah nggak bisa ditanemin sayur2an ?, kok sampe tanah liat ikutan kefoto nih hehehe, setahu saya didaerah jazirah Arab hanya Tho'if di makkah (kalo nggak salah hehehe) yang memiliki struktur tanah yang subur.

= mrpsycho : Ane belom nyoba, barangkali Bongjun udah hahahaha.

= moerti : Ane n gerombolan siberatnya Bongjun dibuatin salad buahnya dong, tapi jangan pake nangis ya (teringat kakang mas...) ntar ketetesan air matamu saladnya jadi asin hehehehe.

fernando mengatakan...

templetenya foto dimana nih mbak, indah sekali tapi sayang, Ane takut ama ketinggiiaan, hehehehe

moerti mengatakan...

Mbak...suka salad yach....
sama denganku donk...kalo' keju aku memang suka, kayaknya kueh2, roti dan masakan2 semacam salad ituh paling enak kalo pake keju...selain itu aku juga suka bikin es krim sendiri....cuman kalo' pake keju nggak cocok...tapi kalo itu masbangbong jun & fernando...gak soal,yg penting adem!, asin dikit gak masyalaaah...xixixi..,aww....

Aisha mengatakan...

@kucingkeren
Thanks.Yub.Ini tulisan saya sendiri.Artikel by BMJ(British Medical Journal).

@ Fernando
Justru di Jeddah nggak ada tanah liat kayanya.Adanya cuma di salon-salon aja.Dijeddah nggak kekurangan sayur-sayuran maupun buah-buahan.Meski tanah kering.Import dari luar.Itu photo canada bro.

@ Moerti
Hemm bener-bener cewek kreatif nih!Yang mendapatkannya pasti senang. Kata orang, cowok itu paling penting "perut" heheh
Benar nggak sih?

an9el mengatakan...

makanan sehat, tubuh kuat bebas penyakit :D

anak bangsa fc mengatakan...

salam kenal, tulisan yang menarik :)

Aisha mengatakan...

@an9el
Yab! an9el.

@anak bangsa fc

Thanks, salam kenal juga.

www.katobengke.com mengatakan...

memang benar kelebihan mineral juga membahayakan dan kekurangan mineral juga membahayakan.

Aisha mengatakan...

@www.katobenke.com

Yab!Thanks for coming.