03 Februari, 2010

2% berhasil


Beberapa bulan yang lalu saya praktek membibit buah apel.Bijinya saya pilih dari buah apel yang eksporan dari  Amerika.Karena setahu saya buah yang eksporan dari Amerika selalu perfect.Buahnya lebih besar dari apel-apel dalam negeri.Banyak juicenya,rasa manisnya memuaskan.Pokoknya puas di makan,meski harganya mahal.Saya kadang heran juga.Walaupun buah-buahan itu sama,dalam segi bentuk maupun rupa,(bukan hanya buah,sayur-sayuran juga),namun dalam setiap negara mereka ini bisa berbeda size dan memproduksi  rasa kelezatan yang berbeda pula.Saya pikir penyebabnya adalah dari kualitas tanahnya dan cara memeliharanya.Tetapi saya tidak yakin juga.Maka dari itu waktu praktek saya memilih buah yang dari Amerika,untuk sekedar mencoba. Nah,hasil praktek saya ternyata telah berhasil sekitar 2% sampai saat ini.

Ini setelah 6 minggu dalam kulkas.Membentuk kecambah.
Setelah pindah ke dalam pot.












Setelah satu minggu di jendela.










 
Dan sampai saat ini masih tumbuh seperti ini di halaman.Belum bisa tumbuh membesar,padahal sudah 3 bulan.Saya pikir si bibit ini juga berusaha mempertahankan hidupnya.Saya hanya bisa membantu dengan menyiram dan memupuk.Selebihnya Allah yang tahu hehehe.Maklumlah tanah Saudi Arabia sangat panas sekali,tidak cocok di tumbuhi buah seperti buah apel.Masih hidup sampai sekarang ini,sudah lumayan hebat.

29 komentar:

buwel mengatakan...

Heheheeh, Memang keknya Apel cocoknya ama yang berhawa dingin ya, kek di daera pegunungan di malang... :-)

RCA1-2,5FM mengatakan...

Kira-kira cocok gak ya di daerah Bulukumba?

ivan kavalera mengatakan...

Wah, aku suka banget buah apel.

Ali Mas'adi mengatakan...

yg jadi pertanyaanku.. berapa lama buat nyiapin posting ini yahh..?? itu photonya kan ngikutin pertumbuhan...

JengSri mengatakan...

Selamat ya; mudah2an bisa tumbuh menjadi pohon yang subur....

Rinie ◕‿◕ mengatakan...

weh weh weh... rinie nunnggu buah na ya ka ya... hohooo

gadgetboi mengatakan...

Subhanalloh ... daerah hareudang (panas) seperti arab bisa tumbuh tuh apple? ... ckckckck ...

Aulawi Ahmad mengatakan...

bisa2 nanti apelnya jadi kayak kurma Sist he22, btw moga berhasil deh percobaannya :)

Noor's blog (inside of me ) mengatakan...

Kalau sudah berhasil 100%, kirim-kirim ya mba..! he..he

Dhe mengatakan...

Ntu saja dah berhasil,Alhamdulillah dunk, dr pada dhe, tanam bunga ari ini, selang 2 hari mati. wikikiki..

smoga berhasil 100% yah! dan kalo berhasil nanti, ktika memakannya jangan lupa ingat dhe. hehehehe

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

apel malang yang enak tuh, mbak. wah, suka bercocok tanam ya?

arihevea mengatakan...

Hmmph... analogi yang sama dengan pohon kurma di kantor saya... bisa tumbuh.. tapii.... ya gitu deh.. gak bakal ada buahnya...

Salam kenal yah... :D

Kabasaran Soultan mengatakan...

Hebat deh...
jadi terinspirasi nech..
Iseng2 pengen nyoba di Indonesia akh...
Sapa tahu hasilnya lebih bagus dari pada di habitat aselinya.

NURA mengatakan...

salam sobat
kreatif mba AISHA,,bisa menanam bibit apel,,yang sudah 2 % berhasil.
jadi pingin nich mba,,karena saya suka buah apel.

Fi mengatakan...

wah buruan pindahinke tanah yang luas nuh, pohon apel kan besar ga muat kalo di POT

Laksamana Embun mengatakan...

Luar Biasa.. Semoga Inovasi ini bisa berhasil..

a-chen mengatakan...

wuih selamat deh. moga apelnya tetep tumbuh...

buwel mengatakan...

siang sista... :-)

Sudino Dinoe mengatakan...

Hebat percobaannya mbak....semoga menemukan cara yg pas utk membuat apel tumbuh di tanah arab...

Sharing is Fun mengatakan...

Apel si klasik yang selalu asyiiikkk..!!

BTW Syukron utk komen na d artikel ultah Q sis.
Keep intouch..!!

the others.... mengatakan...

Bertanam harus telaten dan sabar mbak. Tanaman juga merasa kalau tidak diperhatikan....

catatan kecilku mengatakan...

Semoga tanamannya dapat tumbuh dan berkembang di udara yang panas,mbak. Nanti kalau bisa panen, jangan lupa dikirim ke Madiun ya..? :D

the others.... mengatakan...

Mbak.., ada award utkmu. Bisa diambil disini :
http://another-reni.blogspot.com/2010/02/rasa-penasaran-dan-template-baru.html

Zippy mengatakan...

Wah...dulu saya juga sempat nyoba apel mbak...
Pake biji juga...
Cuma sayang, gak lama numbuhnya...
Paling banter tingginya cuma 5 CM, trus mati...
Hmmm, kayaknya sih gak cocok sama suhu Jayapura yang panas... :D
Punya mbak bakal gitu juga gak ya..?? :D

alamendah mengatakan...

Emang iklim dan suhu ikut pula menentukan pertumbuhan da perkembangan tanaman.

Kalau sempat, ditunggu untuk ikutan resik2 di http://biruselalu.info

bocahbancar mengatakan...

2 Persen yang luar biasa lowh Mbak :)

AISHALIFE-LINE mengatakan...

@buwel
Yub bro.dia tumbuhnya hanya di daerah-daerah subtropis.
@RCA1-2,5FM
Nggak tahu ya bro?kira-kira bulukumba kondisi iklimnya gemana ya? Apel bisa tumbuh di daerah-daerah subtropis.
@Ivan kavalera
cheers ya bro.
@Ali masadi
Yub bro,itu fotonya sudah lama ngambilnya,cuma tidak ada waktu untuk mosting.
@JengSri
thanks ya jeng.
@Rinie
hehehe..do'an bisa tumbuh sampai berbuah ya rin...
@gatgetboy
baru 2% tumbuhnya bro hehehe.
@Aulawi Ahmad
hihihi makasih ya bro.
@Noor's blog
tentu bro..
@Dhe
ya..2 hari dah mati?nggak ada bakat bercocok tanam kali sis hehehe.thanks ya sis.
@Sang cerpenis bercerita
hehehe tertarik dengan bercocok tanam saya sis.Thanks ya..saya belum pernah merasakan apel malang nih
@arihevea
emang tinggal di mana bro?thanks kunjungannya dan salam kenal juga.
@Kabasaran sultan
Selamat mencoba bro...
@NURA
wah,suka apel juga ya sis,cheers dong.
@FI
sudah di halaman bro,belum bisa besar pohonnya :D
@Laksamana Embun
Thanks bro.
@A-chen
Thanks bro,
@buwel
siang juga bro...apa kabar?
@Sudinoe Dinoe
Thanks bro.
@Sharing is fun
terimakasih sista
@The others
hehe betul sis
@catatan kecil
Pasti sis thanks
@The others
wah,makasih banget ya sis.
@Zippy
hihih nggak tahu ya bro,nunggu sampai kemana aja dah :D
@alamendah
betul bro.Makasih ya.
@bocahbancar
hehe iya bro,kalau di lihat dari iklim di sini yang panas.

Chalief mengatakan...

wahh,,selamat membudidayakan Apel ya Sist..hehe..semoga sukses,,maaf saya dah agak jarang blogging karena Liburan n kesibukan kemarin2...huhu..makasih atas kunjungannya Sist.

Chalief

AISHALIFE-LINE mengatakan...

@chalief
Makasih juga bro..thanks ya kunjugannya.