15 Februari, 2010

Sungguh mereka orang-orang yang tabah

Kemarin siang mata kiri saya bagian atas kedutan melulu.Kata orang tua,kalau mata kiri atas kedutan tandanya akan menangis.Bener banget!semalem saya tiba-tiba nangis.Teringat ke dua kucing pertama saya , yang telah tiada.Menangis sejadi-jadinya sambil menyesali diri.Namun apa daya,yang telah mati tidak akan kembali lagi.Meski sudah ada pengganti 7 kucing dalam hidup saya,namun yang pertama tetap tidak bisa hilang dari hati.Obat penenang hati,satu-satunya hanya baca Al-qur'an.Setelah membaca Al-qur'an merenung di depan komputer sambil ngetik.Segini pedihnya ketika kehilangan sesuatu yang di cintai,padahal hanya seekor kucing.Bagaimana dengan orang-orang yang kena musibah alam,kehilangan anak,cucu,istri,suami,bapak,ibu dan lain-lainnya?Subhanallah..sungguh mereka orang-orang yang sangat tabah.

Contoh lagi,orang sangat menderita kehilangan adalah nabi Muhammad saw.Bayangkan,sejak umur 9 tahun beliau telah menjadi seorang yatim piatu.Kemudian setelah menikah dengan khadijah,beliau di karunia 6 anak.Anak pertama laki-laki di beri nama Al-Qosim,dan ke dua perempuan di beri nama Zainab yang berarti hiasan ayahnya.Namun sukacita beliau tidak berlangsung lama.Al-qosim meninggal sebelum mencapai umur 2 tahun.

Khadijah masih tetap dalam primanya,melahirkan empat anak lagi.3 putri dan seorang putra.Putra ke dua di beri nama Abdullah dan di julukin Al-Tahir(murni).Namun,putra ke dua juga tidak berlangsung lama.Ia meninggal sebelum umur genap satu tahun.Sedangkan putri-putrinya hidup sampai menikah Fatimah,Zainab,Ruqqayah dan Umm Kulthoom.Namun mereka(Zainab,Ruqqayah dan Umm Kulthoom)juga meninggal sebelum Rasul.

Rasul tidak mempunyai anak dengan ke 3 istrinya yang lain.Punya anak satu lagi dengan Maria,budak koptin hadiah dari Al-Muqawqis penguasa Mesir.Di beri nama Ibrahim.Namun Ibrahim juga tidak tinggal lama.Ia meninggal umur 18 bulan.Demikianlah nabi seorang ayah yang penuh kasih sayang ini mengalami kematian ke 6 anaknya.Ke 7 Fatimah meninggal setelah 6 bulan beliau wafat.Betapa sedihnya nabi waktu itu ya?

Eh kok malah cerita nabi ya? padahal cuma mau curhat tentang diri saya loh,tadinya.Nggak bisa tidur juga,dah jam 2:47 AM lagi.Adoooh...mata saya terang banget sih,

32 komentar:

Newsoul mengatakan...

Postingan mantap sobat. Jadi lebih menegnal soosok mulia ini, Khadijah RA.

Darin mengatakan...

kehilangan, memang sesuatu yg mau gak mau harus dihadapi. tetap sabar dan tawakal lah kuncinya.
nice posting! :)

dinoe mengatakan...

artikel yang mantap sis....sebuah kesabaran dan ketabahan yang patut diteladani....

Aulawi Ahmad mengatakan...

subhanallah..moga kita semua bisa sperti mereka...

annie mengatakan...

benar, mbaj, ketika kita merasa sedih kisah teladan dari para Nabi dan Rasul dapat membuat kita memahami betapa mereka telah memberi contoh yang baik bagaimana kita mesti bersikap. Nice post

Alrezamittariq mengatakan...

iya ya...

aisyah muna mengatakan...

hehehehe..baru tau kalo rosulullah punya istri namanya maria budak koptin..

hmmm..di dlm buku sirah nabawiyah diceritakan ga ya?
saya punya bukunya, tapi belum khatam..

anak nelayan mengatakan...

artikel mantab mbak

Mayyadah Or Maya mengatakan...

wah, mbak di jeddah y, kalo saya di kairo mbak^^

saya juga suka kucing heheh

Ali Mas'adi mengatakan...

Cerita seputar Nabi emang nggak ada habisnya.. semuahal patut kita contoh...

Ali Mas'adi mengatakan...

tapi masih percaya kedutan juga ya mbak...

Quinie mengatakan...

semoga kita bisa mencontoh ketabahan mereka :)
thanks for sharing ya sis :)

udah gag sedih lagih kan?

rizal mengatakan...

Menyesali sesuatu yang telah tiada tidaklah baik, karena disanalah semua akan dikembalikan, namun jika hanya sebatas berduka tidak masalah karena itu adalah sifat manusia...tul nggak sis..hee..hee

sauskecap mengatakan...

kehilangan kucing saja kita sudah sedih, apalagi kehilangan orang yang kita cintai... tetapi life must go on... kita harus siap menghadapinya...

neng rara mengatakan...

assalamualaikum..
kehilangan sesuatu yang dicintai, wajar mbak. Rasanya bener-bener hancur. jangan terlalu larut mbak.
salam

attayaya mengatakan...

Nabi Muhammad SAW adalah tauladan kita dalam setiap detik kehidupan
ketabahan yang tak terhingga

Zippy mengatakan...

Kehilang sesuatu yang kita cintai itu emang berat mbak'.
Hari ini 1 ikan mas koki saya juga mati.
Lumayan sedih, tp mau diapa lagi?!

catatan kecilku mengatakan...

Cerita yang sangat mencerahkan mbak..
Aku sering berpikir betapa beratnya derita yg dipikul korban bencana alam yang kehilangan sanak saudaranya.
Aku tak tahu bagaimana mereka bisa melalui kepedihan itu...

the others.... mengatakan...

Cerita tentang Maria baru aku ketahui beberapa bulan yang lalu lewat sebuah buku.
Betapa sedihnya Maria saat Ibrahim meninggal...

kang tejo mengatakan...

saya masih perlu belajat banyak tentang kehidupan
salam kenal mbo..
semoga cepat reda nangisnya karena kita g boleh terlalu mencintai dunia dan isinya,,

mrpsycho mengatakan...

bulan lalu ketika sebuah bangunan tua dirobohkan,saya juga sedih..akibat keserakahan penguasa kota ..

Fi mengatakan...

maulid nabi,,, cerita apapun tentang diri muhammad selalu jadi inspiratif buat umatnya sepanjang masa.

buwel mengatakan...

Woooow, thannks mbak, shiroh nabawwiyahnya...

a-chen mengatakan...

Ternyata Siti Fatimah meninggal 6 bulan setelah meninggalnya baginda nabi ya...

Rad mengatakan...

Tentu yang amat prihatin dan melimpah ruah kasih sayangnya mampu menangisi pemergian kucing-kucingnya. Dari tulisannya, Aisha begitu prihatin dan penuh dengan kasih sayang.

Mamah Aline mengatakan...

Rasulullah kehilangan banyak orang yang dikasihinya namun tetep tabah, sedangkan kita begitu terpukulnya jika kehilangan barang atau binatang kesayangan, thanks serasa diingatkan juga nih

Chalief mengatakan...

Nice Post neh Sist,walaupun agak melencengd dari keinginan Sist Aisha untuk curhat,,hwhehe..peace..maen2 lagi Sist di Blog Butut Aku..huhu,baru mulai mosting2 lagi ni..hehe
Chalief

attayaya mengatakan...

kita pun diajarkan untuk selalu tabah

Latifah Hizboel mengatakan...

Karena itulah tauladan dan figur yang harus dicontoh adalah Rosulullah, beliau adalah segalanya untuk ditauladani.

Makasih ya mbak udah mampir ketempatku, salam kenal juga ya..

Anggi Zahriyan mengatakan...

Semoga kita selalu menjadi orang yg tabah. Amin.

Itik Bali mengatakan...

Ketabahan yang patut dijadikan contoh ya sist..

baburinix mengatakan...

berkunjung sekalian follow