30 Juli, 2010

Sesungguhnya Perkataan Adalah Tauladan Jiwa


Suatu hari datang seorang teman.Dia meminta kepada saya untuk boleh menginap di rumah saya untuk beberapa hari,karena dia sedang mendapat masalah dengan orangtuanya.Waktu itu saya agak bingung ,karena takut sama orangtuanya nantinya akan marah sama saya.Tapi karena dia menghiba akhirnya saya izinkan juga walau tanpa setahu dia,saya telfon ke orangtuanya bahwa dia ada di rumah saya.Dengan begitu orangtuanya akan tenang dan saya juga tenang gak takut akan di marah.


Selama dia menginap di rumah saya,satu malam,saya berusaha menghibur dia.Memberi nasehat-nasehat agar dia mau mengikuti dan mendengar kata-kata orangtuanya.Nasehat-nasehat yang saya berikan padanya itu sebelumnya saya belum pernah melakukannya.Karena saya belum pernah mengalaminya.Tapi nasehat-nasehat itu terasa masuk ke dalam jiwa saya sendiri,lalu menyetir jiwa saya untuk melakukannya juga.


In fact,berbicara itu lebih mudah daripada melakukan.Namun ketika kita berbicara atau berkata,tanpa sadar jiwa kita mengikuti pembicaraan kita atau kata kita.Jika kita berbicara atau berkata baik,jiwa kita akan mengikuti menjadi baik.Dan sebaliknya,jika kita berbicara atau berkata jelek,jiwa kita akan mengikuti menjadi jelek.


Maka dari itu kawan-kawan,mari mengusahakan diri untuk selalu bisa berbicara baik,atau praktis berbicara baik,dimana saja dan kapan saja.Dalam keadaan apapun:marah,benci,sebel,cemburu(yang paling mudah kali ya?hehe),kecewa,bahagia,canda dan lain-lainya.Walaupun harus di paksa.Karena memang tidak mudah melakukan suatu hal yang kita belum terbiasa.Namun akan terasa sekali pengaruh positif pada ruh kita.Dan menurut saya,sesungguhnya perkataan kita adalah tauladan jiwa kita.


Sekalian majang Award dari blogger baru Bumi Al Fattah.Terima kasih banyak ya bro,semoga sukses aja.Saya sendiri masih belajar dari senior2 nih.Intinya mari sama-sama belajar dan berbagi kisah atau cerita yang kita alami atau yang kita ketahui.Happy blogging...

18 komentar:

Arif Chasan mengatakan...

ya... bener banget,,,
n yang lebih penting lagi, perkataan gak bisa kita tarik lagi.....

so, berhati-hatilah dalam setiap perkataan...

Ferdinand mengatakan...

Eum gimana yach hhe.. klo aku lebih baik diem klo dalam situasi itu soalnya ga semua orang bakal mau deneger nasihat waktu otaQ lagi kacau hhe.....

Semangat N happy blogging!!!

inge / cyber dreamer mengatakan...

setuju banget...

perkataan baik itu mungkin nantinya akan berguna untuk kita sendiri ^^ setidaknya menjadi pengingat dikemudian hari ^^

game naruto mengatakan...

numpang baca dlu.. kunjungan pertamanih..

game naruto mengatakan...

menarik juga artikel ny sob..

tukran link yok!!

reply ke shoutmix q ych.

q akn psng link kmu secptnya, 1x24 jam. bye !!

salam blogger..

rizal mengatakan...

manusia dipegang kata2nya...

jadi bener banget sis apa yang anda tulis..

Justmeilani mengatakan...

Jika kita berbicara atau berkata baik,jiwa kita akan mengikuti menjadi baik.Dan sebaliknya,jika kita berbicara atau berkata jelek,jiwa kita akan mengikuti menjadi jelek.

sist,..benar banget itu,..sist ada award untukmu di pajang y,..

alamendah mengatakan...

Kata yang keluar dari bibir sering kali bisa menjadi sugesti bagi kita. Selama hati kita mau terbuka untuk menemrima ucapan tersebut

fanny mengatakan...

selamat awardnya. memang tak mudah menasihati apalagi jika kita tidak begitumengerti masalahnya

Isti mengatakan...

selamat atas awardnya..

Sudinotakim mengatakan...

Selamat ya sis, atas awardnya..

Aulawi Ahmad mengatakan...

lidah memang tak bertulang ya sist :)

gadgetboi mengatakan...

easier said than done isn't it :D

yanuar catur rastafara mengatakan...

kadang memaang orang bnyak yang bersilat lidah..
hehehehe

ceuceu mengatakan...

ya memang begitu lah Sis.. itu sebabnya peribahasa bilang lidah itu tajam... banyak kasus pertengkaran atau permusuhan gara2 'mulut'.. dan sebaliknya, jika yg keluar dari mulut itu baik..maka kedamaianlah yg akan didapat...

Naruto Soundtrack mengatakan...

wow, artikel ny berguna bgt nih sob.. cocok bgt bwt mnmbh wawasan ku seputar tema ini..

sob, mengingt blog ni sngt bermanfaat bgt q.. tukeran link yok!!

link blog kamu sudah terpasang di blogku, link balik yach :) silahkan di liat di blogku!!

ntar pasang link ku dengan anchor text "Naruto Soundtrack" yach,

dan jdi follower q juga y, siapa thu aja dgn kehadiran blogger se-hebat kamu, blog ku bisa
sedikit rame dan berwibawa gtu.he3

ntar secara berkala q bakal sering-2 silaturahmi kesini..

d tunggu kehdirannya yach :D

salam dari blogger indonesia setengah bule.he3

makasih..

Mamah Aline mengatakan...

iya sis, akdang saat memebri nasihat bijak untuk teman atau orang lain, itu juga sekaligus obat baatin dan nasehat balik untuk diri sendiri ya

nYach n Company mengatakan...

Atut sekali, ya Umi'

dengan berkata baik memaksa diri berbuat baik, sehingga tidak menghianati diri sendiri