12 Juli, 2010

Tujuh Kebahagiaan Dunia

Sudahkah Anda mempunyai tujuh kebahagiaan dunia?Kalau sudah ya,alhamdulillah...kalau belum ya,mari berusaha untuk menemukannya seperti di bawah ini.

Ibnu Abbas r.a berkata:Ada tujuh kebahagiaan dunia,yaitu:

1.Hati yang selalu bersyukur (Qalbun syakirun).
2.Pasangan hidup yang saleh (Al azwaju shalihah).
3.Anak-anak yang saleh (Al auladun abrar).
4.Suasana yang baik untuk iman kita (Albiatu sholihah).
5.Harta yang halal (Al malul halal).
6.Semangat untuk memahami agama (Tafakur fi dien).
7.Umur yang barakah (Umur yang semakin tua semakin shaleh,yang setiap detiknya di isi dengan ibadah)


Hati yang selalu bersyukur: adalah taat dengan segenap anggota badan kepada Allah swt,baik secara sembunyi atau terang-terangan serta secara lisan maupun di dalam hati.Setelah itu sedaya upaya menjauhi maksiat serta kemungkaran.
Firman Allah swt :"sesungguhnya bila kamu bersyukur,pasti kami akan menambah nikmat kamu"(surat Ibrahim ayat 7).

Pasangan hidup yang saleh :Nabi bersabda "yang paling kukuh keimanan ialah berkawan karena Allah,bermusuhan karena Allah,bercinta karena Allah,dan membenci karena Allah." Hadis riwayat Tabarani dari Ibnu Abbas r.a).

Firman Allah s.w.t :"wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji,dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji pula.Wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita yang baik pula."(Surah an-Nur ayat 26).

Rasulullah s.a.w bersabda:"Wanita itu di kawini karena hartanya atau kecantikannya,keturunannya atau agamanya,maka hendaklah kamu memilih yang mempunyai agama yang kukuh,niscaya kamu akan bernasib baik."


Anak-anak yang saleh :Di riwayatkan dari Abu Hurairah r.a,rasulullah s.a.w bersabda:"Apabila seseorang manusia itu meninggal dunia,maka terputuslah segala amalannya melainkan daripada tiga perkara yaitu sedekah jariah,ilmu pengetahuan yang dapat di ambil manfaat daripadanya dan anak soleh yang mendo'akan untuknya."(Hadis Riwayat Imam Muslim)

Firman Allah s.w.t: "Dan kami wajibkan manusia berbuat baik kepada kedua ibu bapaknya:ibunya telah mengandungnya dengan menanggung  kelemahan demi kelemahan (dari awal mengandung hingga akhir menyusunya) dan tempoh menceraikan susunya ialah dalam masa dua tahun ;(dengan yang demikian)bersyukurlah kepadaku dan kedua ibu bapakmu;dan (ingatlah),kepada akulah jua tempat kembali (untuk menerima balasan)." (Surat al-Luqman ayat 14).


Suasana yang baik: betapa pentingnya mewujudkan suasana yang baik untuk membantu menjaga pribadi dan dan iman kita sebagai seorang muslim.Suasana yang baik ini perlu ada di dalam rumah kita,di pejabat,di kawasan perumahan tempat kita tinggal dan di masyarakat.Mewujudkan biah solehah atau persekitaran yang baik adalah suatu yang wajib.

Ianya termasuk melaksanakan amar makruf nahi mungkar.Bahkan menjalankan tugas amar makruf nahi mungkar itu adalah untuk mewujudkan biah solehah.Remaja yang terlibat gejala sosial pada masa kini karena di sebabkan persekitaran yang tidak sehat dan mendorong mereka untuk melakukan maksiat.


Harta yang halal:Rasulullah s.a.w bersabda:"setiap jasad yang membesar daripada benda-benda yang haram maka api nerakalah yang layak baginya."
Harta-harta yang berkat itu adalah harta-harta yang halal dan baik,karena sesuatu yang di ambil dari yang tidak halal dan tidak baik tidak mungkin mampu mendorong seseorang kepada melakukan kebaikan ,kepada diri sendiri maupun orang lain.


Semangat untuk memahami agama:"Sesiapa yang di beri kefahaman tentang Islam juga di kira telah mendapat kebaikan di dunia.Orang Islam yang tidak di beri kefahaman tentang Islam oleh Allah akan mengamalkan apa yang di sangkanya dari ajaran Islam tetapi sebenarnya menyeleweng dari Islam,hidupnya tak akan benar-benar selamat dan tak mampu menyelamatkan orang lain.

Rasulullah bersabda:"Barang siapa yang Allah menghendaki kebaikan kepadanya,dia akan menjadikannya faham dengan agama."(Riwayat Bukhari dan Muslim)


Rasulullah s.a.w bersabda:"Manusia yang paling baik ialah seorang mukmin yang berilmu,yang apabila di perlukan kepadanya dia akan memberi manfaat (kepada orang lain)dan jika dia tidak di perlukan dia akan menjaga dirinya (dari orang lain)." (Hadis Riwayat Al baihaqi).



Umur yang barakah:Rasulullah s.a.w menyimpulkannya dalam dua kalimat yaitu:"Manusia paling baik ialah yang panjang umurnya dan paling baik perbuatannya.Manusia paling buruk ialah yang panjang umurnya dan buruk amalnya."


Sumber artikel dari email teman.
Ah,semoga kita semua  bisa memiliki tujuh tanda di atas ya kawan-kawan...:) amin ya Rabb.

24 komentar:

ivan kavalera mengatakan...

Amiiin ya rabb..

Yusni Yanti mengatakan...

Subhanallah

bongjun mengatakan...

sangat bahagia aku membaca bait-bait indah ini sambil mendengar musik Haddad Alwi,....nice sis...

TRIMATRA mengatakan...

kebahagiaan yang nomer tiga segera ku raih,,, amin ya robb.

Laksamana Embun mengatakan...

Amin ya rabb... Mkasih atas info ini mbak :)

catatan kecilku mengatakan...

Terima kasih sekali mbak... semoga aku juga memiliki semua 7 kebahagiaan di dunia itu. Amin

Arif Chasan mengatakan...

semoga kita semua dapat memilikinya,,,, ^^

menjadikosong mengatakan...

Sister, ada beberapa point yang belum aku dapatkan. yang paling jelas adalah point tiga (3), tapi aku selalu bersyukur dan seakan-akan telah mendapatkan semua point itu....

Justmeilani mengatakan...

sist,..smoga aku mndapatkn ke-7nya, amin,..

ps mengatakan...

Ingatan yang amat mustahak untuk sentiasa diingati. Bila dibaca tulisannya, terfikir pula, mana yang sudah diamalkan, mana yang telah hampir telupa dan mana yang masih jauh dari diri ini. terimakasih dan salam السلام عليكم :)

Aulawi Ahmad mengatakan...

moga kita semua dapat merasakan dan meraih kebahagian itu..amin

Zippy mengatakan...

Moga aja 7 kebahagiaan itu bisa kita dapatkan. Amin :)

rizal mengatakan...

alhamdullillah akan berusaha untuk memenuhi ke 7 tersebut..

Yusni Yanti mengatakan...

Selamat Siang Saja, Makasih Kunjungannya Ke Rumah Yusni Ya...

Ali Mas'adi mengatakan...

aku rasa udah berusaha untuk melakukan tujuh hal itu... cuman pencapaiaku kayaknya baru 25persen

BeDa mengatakan...

Subhaanallah... posting yang mengingatkan kita semua. Kesejukan terasa di sini.

Salam ukhuwah

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

tks pencerahannya sis

asasi mengatakan...

masih berusaha menggapainya, dan semoga terwujud dengan izin Allah. amin ^_^

Elsa mengatakan...

malunyaaaaaa
banyak yang aku belom punyaaaaaa

Baby Dija mengatakan...

semoga Dija termasuk Al auladun abrar bagi orang orang di sekitar Dija

Arif Chasan mengatakan...

kunjungan siang hari.. ^^

Sriayu mengatakan...

Subhanallah. Jika mendapatkan 7 item itu. Syurga dunia deh. Nice posting...!

Keep intouch

Yudie Blog's mengatakan...

subhanallah,
benar..
amalkan sekarang..
insyaAllah..

saya follow ya..

haritsmugni mengatakan...

Subhanallah memang benar itu bun kenikmatan dunia seperti itu, tetapi kalau di akhirat pasti lebih nikmat lagi bun.