19 Februari, 2015

Kegigihan Dan Keuletan Semut

Bismillah ar-rahman ar-rahim

Subhan ALLAH... yuk kita belajar dari kegigihan dan keuletan semut :). Semut adalah salah satu binatang yang diabadikan dalam AL-Qur'an. Seperti dijelaskan dalam firman-NYA:

"Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, "Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari." (QS. An-Naml : 18)

Alkisah, seorang pedalaman pergi untuk satu keperluan penting. Di tengah perjalanan ia duduk istirahat karena lelah. Saat itu, terpikir olehnya untuk kembali dan tidak melanjutkan perjalanannya. Tiba-tiba, ia melihat seekor semut sedang merayap menaiki seonggok batu besar. Begitu jatuh, si semut bangkit dan berusaha naik lagi. Itu terjadi berulang-ulang, hingga akhirnya ia berhasil mencapai puncak batu tersebut. Melihat hal itu sang musafir berkata, "Aku lebih pantas untuk bersabar dan tekun ketimbang semut itu." Dengan semangat baru ia pun bangkit meneruskan perjalanannya hingga akhirnya menemukan yang dicarinya.

Dalam kehidupan semut terdapat pelajaran bagi orang-orang berakal. Semut melambangkan kegigihan, kesabaran, ketekunan, keuletan, dan perjuangan yang tak kenal menyerah. Semut mempunyai kegigihan yang luar biasa dalam upayanya mencapai tujuan.
Seorang pakar kehidupan semut menyebutkan, semut menyimpan cadangan makanannya yang ia kumpulkan di musim panas untuk persediaan di musim dingin. Sebab di musim dingin ia tidak banyak keluar. Pada saat musim dingin pun ia baru memakan cadangan makanannya pada saat yang tepat. Dan untuk mengantisipasi agar biji-bijian yang ia simpan sebagai persediaan makanan tidak tumbuh menjadi sebatang pohon, ia_atas izin ALLAH yang telah memberikan kepada segala sesuatu bentuk kejadiannya kemudian memberinya petunjuk-membelah biji-bijian itu dari tengahnya.

Apabila perjalanan semut terhalangi oleh genangan air yang tidak mungkin diseberanginya, beberapa kawanan semut bergotong-royong membuat formasi jembatan diatas permukaan air itu. Setelah seluruh anggota semut melintasinya, kawanan semut yang membuat formasi jembatan itu pun menepi menyusul kawan-kawannya. Mahasuci dzat yang telah memberikan kepada segala sesuatu bentuk kejadiannya kemudian memberinya petunjuk.

Ketika seekor semut menemukan sekerat daging atau kaki belalang, dan ia tidak sanggup memikul atau mendorongnya, ia akan pergi ke sarangnya memanggil kawan-kawannya untuk bersama-sama memikul makanan yang ditemukannya. Kegigihan dan ketekunan semut benar-benar merupakan pelajaran berharga bagi orang yang menginginkan keberhasilan. Bahkan kalau anda meletakkan batu dijalan yang akan dilalui oleh semut ia tidak akan berhenti atau kembali ke belakang, melainkan menunggu sampai anda mengenyahkan batu tersebut. Jika tidak anda enyahkan juga, ia pasti mencoba menaikinya, berjalan lewat sebelah kanan atau sebelah kirinya, atau memilih jalan lain menuju tempat tujuannya. Yang jelas ia pantang mundur.

3 komentar:

BertuahPos.Com mengatakan...

filosofi semut yg menarik

Unknown mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

obat herbal gondok pada anak mengatakan...

Anda akan menemukan bahwa saat Anda pandai membuat alasan-alasan, Anda tdk akan pandai dlm pencapaian sukses

obat herbal pembengkakan hati
obat biang keringat pada bayi
obat nyeri haid alami
cara alami meredakan nyeri sendi
obat batuk alami untuk anak
obat penghilang keloid pada anak
obat hernia pada anak perempuan