28 Februari, 2009

13 Langkah Untuk Keberuntungan Jantung Sehat Anda


Dengan menjaga hati yang sehat, anda dapat menghabiskan waktu lebih khusus dengan orang dalam hidup anda.Jika anda memperhatikan dengan yang anda makan, anda sebenarnya dapat mengurangi atau memperlambat kesempatan pengembangan penyakit jantung.

Makanan sehat pilihan utama dapat mengurangi faktor resiko untuk penyakit jantung :kolestrol darah tinggi,tekanan darah tinggi dan kelebihan berat badan.

Berita yang baik tentang penyakit cardiovascular adalah sebagian besar dapat di cegah.Turun temurun tidak berperan- mungkin ada yang lebih tinggi insiden perkembangan penyakit jantung -tetapi banyak dari perilaku gaya hidup yang anda pilih dapat menurunkan resiko penyakit ini.
Gen anda tidak dapat di rubah ,namun anda dapat mengubah perilaku.Satu hal penting adalah memahami bahwa "biaya mengambil hati anda"dapat membuat perbedaan lifesaving ,tidak hanya untuk diri sendiri tapi untuk keluarga anda juga.Ada banyak pilihan aktivitas sederhana yang dapat benar-benar membuat hidup anda berbeda.
Berikut ini adalah beberapa tips untuk hati yang sehat untuk membantu mengurangi resiko ;anda mungkin sudah melakukan banyak dari mereka dan bahkan mereka tidak sadar."mendidik diri sendiri dan menerapkan apa yang anda pelajari".

13 langkah untuk keberutungan jantung sehat:

1.memperbanyak kosumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.Makanlah berbagai jenis buah-buahan dan sayur-sayuran ;coba lima atau lebih serving per hari.

2. Makanlah butiran di berbagai produk makanan dan karbohidrat kompleks.Fokus pada seluruh biji-bijian dan kacang.

3.Pilih produk susu yang lemak rendah setiap hari.(dua sampai tiga servings per hari).

4.Makanlah berbagai makanan yang mengandung protein.Jangan hanya menyertakan satu jenis protein ;saldo anda bersandar pada asupan sumber protein seperti ikan,unggas yang tanpa kulit.
Termasuk jenis ikan yang tinggi di omega-3 fatty acid , seperti salmon ,ikan kembung,trout(semacam ikan air tawar),dan sardin.

5.Batasi makanan yang mengandung lemak tinggi dan kolestrol.Ini sebagian besar di temukan dalam produk susu full lemak , daging berlemak,minyak tropis, hidrogen minyak nabati,makanan pencuci mulut atau kue, manisan dan makanan-makanan kemasan.Jika anda menggunakan tambahan lemak , pilih lemak seperti minyak zaitun, dan minyak canola.

6.Makanlah sehari-hari makananan yang berserat.Kacang -kacangan, buah-buahan dan sayur-sayuran.

7.Kelola berat badan anda.Anda tidak membutuhkan ukuran yang sempurna (anda dapat mengisi nomer tujuan), tetapi untuk mencapai dan menjaga terbaik itu akan membantu .Obesitas merupakan faktor utama yang berkontribusi ke penyakit jantung.

8.Makanilah badan anda secara teratur. Jika anda melewatkan makan , anda akan cenderung makan banyak.Dengan makan teratur setiap hari , maka peningkatan gula darah dapat di kendalikan lebih baik, mempercepat metabolisme dan mengatur tingkat kolestrol anda.

9.Mengurangi asupan garam.Singkirkan botol garam jauh-jauh.Cobalah untuk membatasi total sodium, kurang dari 2400 miligrams per hari, dapat membantu mengontrol tekanan darah.

10.Exercise.Semakin banyak gerakan, semakin baik.Exercise membantu meningkatkan aliran darah, memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah dan memelihara good kolestrol.

11. Memperhatikan minuman. Minum paling sedikit 8 gelas per hari. Air adalah cairan terbaik hydration.

12. Berhenti merokok dan membatasi asupan alkhohol.

13 Nikmati hidup dengan senang hati ( apapun yang terjadi).

Artikel by Pamela Ofstein,MS,RD,LD/N ediets Director Pelayan Gizi.

14 komentar:

fernando mengatakan...

Setuju, mencegah lebih baik daripada mengobati, itu yang lagi di dapur fotonya mbak ya??!!! hehehe...becanda..becanda.

srex aswinto mengatakan...

Dear mb. Aisha,
Memang betul sekali faktor life style (pola makan, kerja, istirahat, stress psikis dan fisik, kurang gerak, merokok,alkohol)merupakan 'modified risk factor', maksudnya bs dikoreksi, tp yg unmodified risk factor (gen/ras, sex, age) kita gak bs koreksi.
Btw tips2 diatas sangat baik untuk menurunkan resiko penyakit jantung jenis 'coronary heart disease' skaligus juga resiko penyakit stroke! (Brain vascular disease), jd ada keuntungan ganda.
Cuma masalahnya jenis penyakit jantung tdk cuma koroner, masih ada yg lain : valvular heart disease(penyakit jantung katub) yg biasanya akibat reaksi antigen-antibodi thd infeksi tenggorokan. Penyakit jantung bawaan(congenital hear disease), lalu ada jg cardiomyopathie, suatu penyakit pembesaran jantung yg blum diketahui penyebabnya.
Tp berdasar statistik, trend penyakit jantung koroner meningkat tajam! Why? Ya karena faktor life style yg 'hedonic'...
So...artikel mu sangat bagus!
Kapan2 aku jg mau nulis soal penyakit jantung/penyakit2 lainnya
tx u...

srex aswinto mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
mrpsycho mengatakan...

makasih infonya sis .. btw dulu aku 67 kg,lalu menurunkan berat hingga 62, sekarang merasa terlalu kurus,celana longgar semua xixixi .. masalahnya,susah sekali untuk naik ke 64 kg, olahraga,terutama treadmil jalan terus,sehingga aku banyak mengkonsumsi makanan berlemak agak berat badan naik .. ada petunjuk ?

Aisha mengatakan...

@fernando
"mencegah lebih baik dari pada mengobati" betul banget.

@srex Aswinto
Yab, aku tunggu artikelnya mas, thank you.

@mrpsycho

Saya juga pernah mengalami bro,..ini tips saya waktu saya kurus:makan lebih dari jatah.misalnya;
kalau biasanya anda tiap paginya sarapan 1 telur, sepotong roti, sepotong keju, setengah gelas susu, setengah gelas juice,anda bisa menambah menjadi 2 telur, 2 potong roti, 2 potong keju, satu gelas susu dan 1 gelas juice.

makan siang. Kalau biasanya anda makan siang setengah mangkok soup, 5 sendok makan nasi,1 piring kecil sayur,1 potong daging, anda bisa menambah menjadi 1 mangkok soup, 10 sendok makan nasi, 2 piring kecil sayur, 2 potong daging. dan seterusnya. Kalau tidak bisa sekaligus, karena perut tidak bisa mengembang sekaligus, jadi secara bertahap.
misalnya hari ini 5 sendok makan nasi, besoknya lagi tambah satu sendok makan nasi, besoknya lagi tambah 2 sendok makan nasi, dan seterusnya. pasti cepat melar itu badan hehe. jangan lupa rutin olahraga.

mrpsycho mengatakan...

thanks sarannya sis .. sehat itu nikmat,maka harus rajin dipelihara

an9el mengatakan...

nice info sist :D
point ke 13 itu yang lebih utama :D

menikmati hidup dgn senang hati kunci jantung sehat

Aisha mengatakan...

@mrpsycho
yub bro, thank you.

@an9el

yub angel!

bongjun mengatakan...

no.1 : susah nyari buah-buahan di planetku
no.2 : insyaallah bisa
no.3 : jarang minum syusyu
no.4 : kalo yang ini bisa, tiap hari makan ikan
no.5 : agak syusyah, suka ngemil aplgi kue bikinan moerti
no.6 : insya allah
no.7 : kurang ideal
no.8 : insya allah
no.9 : suka masakan asin, maklum orang pantai
no.10: insya allah
no.11: insya allah
no.12: berhenti merokok baru rencana, alkohol kadang-kang

no.13: ini nomor favorit sekaligus tips yang sedang saya lakoni.

wahhhhhhhhhh,......gimana jantung saya ya,....????

joe mengatakan...

yang nomor 10 yang susah. olah raga....

Aisha mengatakan...

@bongjun
1.susah nyari buah -buahan di planetku >>>masa' bonjun, padahal tanahnya kelihatannya subur banget ya,...>>>berarti Pengembangan pembangunan pertanian di Indonesia emang tidak ada.>>> Kenapa? >>>ketidak adaanya modal>>>padahal pertanian ini harus yang pertama di perhatikan oleh Pemerintah.Indonesia jauh kalah dengan Malaysia, Taiwan dan korea.>>>sedih banget dengan keadaan Indonesia.

@joe
Olahraga kok susah sih joe, tinggal menggerakan badan heh

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

makasih byk utk tipsnya. olahraga memang asik, tapi kadang suka malas nih. padahal berguna utk kesehatan ya

Anonim mengatakan...

порно онлайн день студента http://free-3x.com/ малолеточки онлайн free-3x.com/ молодую девушку изнасиловали друзья [url=http://free-3x.com/]free-3x.com[/url]

Anonim mengatakan...

Hello. And Bye.