10 Juli, 2009

Tips Terhindar dari Resiko Sakit Saat Bekerja dengan Computer

Pernahkah anda mengalami gangguan kesehatan di saat bekerja dengan computer? Kalau tidak pernah ya alhamdulillah.Beda dengan saya.Saya sering mengalami gangguan-gangguan kecil saat bekerja dengan computer atau terlalu lama bekerja dengan computer. Antara lain: nyeri otot,nyeri kepala, nyeri leher, nyeri tulang bahu, nyeri punggung,pergelangan tangan dan kaki.(bagaimana kalau nyeri hati? faktor penyebabnya apa?nah..ini beda lagi ,heheh).
Mula-mula saya pikir faktor penyebabnya adalah karena umur saya yang sudah mencapai 30 tahun.Karena menurut penelitian, perkiraan wanita umur 30 tahun ini sudah mulai ada perubahan fisik.Eh ternyata dugaan saya salah.Ternyata faktor penyebabnya adalah karena saya kurang memperhatikan posisi tubuh saya di saat saya bekerja dengan computer.Simple kan? hehehe.

Menurut penelitian, pengguna computer emang sering terserang penyakit; ginjal,mata merah, mata berair,nyeri,anggota badan kaku,badan bengkak,kesemutan dan gangguan penglihatan.Maka dari itu ,untuk mengindari penyakit-penyakit tersebut kita perlu memperhatikan posisi tubuh ,posisi peralatan computer dan kondisi lingkungan kita juga.Mau tahu Tipsnya? OK, guys..simak di bawah ini.
Tips agar terhindar dari resiko sakit saat bekerja dengan computer:
1.Mengatur posisi tubuh disaat bekerja dengan computer:
Posisi kepala dan leher harus tegak dengan wajah menghadap langsung ke layar monitor.Leher tidak membungkuk atau menengadah, karena hal ini dapat menyebabkan sakit pada leher.

2.Posisi punggung tegak, tidak miring ke kiri atau ke kanan ,tidak membungkuk dan tidak bersandar terlalu miring ke belakang.Untuk mendapatkan posisi tempat duduk yang baik, perlu tempat duduk yang baik dan nyaman.

3.Posisi pundak tidak terlalu terangkat dan tidak terlalu ke bawah.Dan perhatikan ,kalau otot-otot di bahu masih tegang , berarti posisi pundak belum benar.

4.Posisi lengan dan siku ;tangan berada di samping badan ,dan siku membentuk sudut lebih besar dari 90 derajat.

5.Posisi kaki di letakkan di lantai,atau sandaran kaki dengan seluruh talapak kaki menyentuh lantai dan siku yang membentuk sudut tidak kurang dari 90 derajat.

6.Letakan monitor di ruangan yang tidak memantulkan cahaya dari sumber cahaya lain.Letakan monitar lebih rendah dari garis horizontal mata, agar tidak menengadah atau menunduk.Cahaya monitor tidak terlalu terang dan gelap.Sering-sering mengedipkan mata agar tidak kering, dan sering-sering memandang jauh keluar ruangan.

7.Tangan tidak basah atau berkeringat.Tujuannya agar tidak tersengat listrik bila menyentuh CPU.Karena aliran listrik pada CPU dapat menimbulkan sengatan.

8.Jangan terlalu lama menggunakan keyboard, karena bisa menyebabkan nyeri otot dan tulang persendian.

Sekian...

17 komentar:

iwan setiawan mengatakan...

betul sobatku...berlama-lamaan di depan komputer memang ada efek sampingnya, dari hal yg terkecil saja seperti layar monitor yang tidak dilapisi pelindung akan membawa radiasai ke mata kita...ok salam kenal sobatku...Sukses selalu ya

AISHALIFE-LINE mengatakan...

@iwan setiawan
salam kenal juga sobat.Thanks kunjungannya.

chrysanti mengatakan...

iya nih sis.. bahuku juga sampe bunyi kretek-kretek.. :D
diganjel apa ya nih laptop biar enak ngetiknya.. :( pegel..

rizal mengatakan...

tip yang bagus sis....thank...

ya terkadang kita kalau bekerja didepan komputer...sering lupa dan tidak memperhatihan hal-hal yang berdampak pada kesehatan kita...

apalagi kalau lagi baca posting blog ini ampe ngak kelihatan kalau mertua lewat belakang...xixix.

jimox mengatakan...

wah seep tipsnya. bisa untuk jaga kesehatan. hehehe...
salam kenal ya mbak...

coffeeoriental mengatakan...

kemarin mataku sakit akibat radiasi monitor yang kelewat tinggi.. menyebalkan.. huhuhu

mrpsycho mengatakan...

wah kalo saya paling sering ketiduran sambil duduk nih di depan komputer xixixi

genial mengatakan...

iia efeknya seperti yang saiia alami sekarang ini :( duuhhh sedddiiihh :((

reni mengatakan...

Makasih infonya.... Kudu diingat dan dipraktekkan nih..

chikal mengatakan...

tipsnya boleh juga niiih.. makasih ya
klo genial mah efek sampingnya ga laen laahhh :p

eTha mengatakan...

link mba'nya uda eTha masukin, maaf telad :(
sekedar pemberitahuan dan maaf jd OOT gni :(

Quinie mengatakan...

sissss... susahhh banget akses blog dikau ini :((.
btw, sayah kalo nge laptop sambil tengkurep, kadang2, sambil ngelonjor... ga bagus banget ya?! lalu ketidurannn zzzzzzzzz

AISHALIFE-LINE mengatakan...

@chrysanti
la kok kretek-kretek itu gemana sis?ancur apa? hihihi
@Rizal
heheh bro,suruh lewat depan , biar kelihatan.
@jimox
thanks bro, salam kenal juga.
@CoffeeOrental
Nah... itu harus di benerin bro.
@mrpsycho
aduh bahaya itu bro, kalau ilernya kenak mouse,Bisa langsung kesengat hehe.
@Genial
Tozz bro.heheh sekarang saya udah lumayan nggak sakit.
@reni
Sama-sama sis.saya udah nyoba bener kok bagus juga.
@Chikal
sama-sama bro chikal.
@Etha
makasih ya sis.lewatnya juga heheh
@Quinie
nggak bagus sis, bisa merusak tubuh.perlu di benahi itu sis hihhi.lah kok gantian sama itu gemana sih?dulu saya yang susah akses blog anda!

BlaGaBloGer mengatakan...

Iya nie saya suka pegel2..
thnaks atas infonya ^_^
salam kenal mbak

AISHALIFE-LINE mengatakan...

@blaGaBloGer
salam kenal juga bro.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

menjaga agar punggung tetap tegak itu yg susah.

AISHALIFE-LINE mengatakan...

@Sang Cerpenis Bercerita
yub sis memang.