07 September, 2009

Dried Mango


Hmm..hari ini saya dapat oleh-oleh dari teman saya yang barusan pulang wisata dari Philippine.Mangga kering (dried mango).Rasanya enak banget.Pas banget buat cemilan kalau lagi ngenet atau nyantai bersama keluarga.Sepertinya cara pembuatannya mudah.Kita juga bisa bikin sendiri.
Caranya:
1.Cuci buah mangga sampai bersih.
2.Kupas,dan iris tipis panjang-panjang.
3.Tambahkan gula sesuai selera dan diamkan selama 4-6 jam.
4.Tiriskan.Tambahkan 1 % sodium metabisulfite ke sirup,lalu rebus dan didihkan.
5.Taruk potongan mangga ke dalam sirup yang telah mendidih selama 3 menit.
6.Lalu tiriskan dan diamkan satu malam.
7.Kemudian cuci potongan mangga dengan air hangat dan tiriskan lagi.
8.Keringkan di solar drier selama 16 jam.
9.Taburkan gula tepung sesuai selera.

30 komentar:

adelays mengatakan...

Assalamualaikum..
Kemasannya Dried Mangonya menarik
mbak. Cuma bagaimana dengan kehalalannya.

Maklum kan dari negara yang belum tentu jelas duduk persoalannya tentang makanan.

Salam Kenal,
Mampir-mampir ya ke blog ku
http://adelays.wordpress.com

annie mengatakan...

Tu kripik jadinya renyah gak, ya? Atau kayak manisan? Di Garut belum ada tuh yang seperti itu. Kalo manisan dan aneka macam dodol dari buah-buahan mah banyak hehe ...

Eh mbak, ada award buat mbak, jemput di tempatku ya. Ditunggu lho!

lagi usil mengatakan...

wah sepertinya koq enak sekali? itu mangga mentah ato matang ya yg bisa dikeringkan?

st_hart mengatakan...

hmm, iya, yg baru tahu sih kripik pisang ato sale pisang. ternyata mangga bisa dikeringkan jg yah? kalo di india sukanya dipikel gitu deh, jadi kaya acar. tp rasanya hueekkk.....

alamendah mengatakan...

Wah bisa dipraktekin langsung, nih. Kebetulan di depan rumah ada tiga batang pohon mangga yang lagi berbuah.

quinie mengatakan...

iya sis, mangganya jenis apa yang bisa dijadiin dried mango ini? manalagi? mangga telor? mangga kuini eh bukan mangga quinie lohh :D

noersam mengatakan...

enak nie kayaknya

a-chen mengatakan...

wah, calon istriku seneng neh kalo baca ini...hihihihihi...
thanks sis

buwel mengatakan...

emang mangga kuini ada ya mbak, seperrti kata mbak quinie tadi ...hehehehe

a-chen mengatakan...

jilat2 kondang itu keknya maksudnya ntu, menjilat untuk mendapatkan sesuatu tujuan ke atasan....biasanya untuk meraih kesuksesan atu ketenaran gitu.....^_^

Dinoe mengatakan...

Wah..mantap resepnya sis...blh nih di praktekkan buat nambah koleksi kue lebaran..thanks ya sis..

YudiWS mengatakan...

Rasanya pasti manis legit ya..

Ivan Kavalera mengatakan...

wah, uuenaak nih pasti. Cocok juga buat buka puasa ntar.

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Wah,... perlu dicoba nih resepnya Sist,
kebetulan lagi musim mangga disini, pasti enak deh buat buka puasa nanti. makasih yah sist.

Willyo Alsyah P. Isman mengatakan...

dengan segala rasa hormat dan kerendahan hati silahkan mengambil award di blogku

Ali Mas'adi mengatakan...

wah.. gi puasa nih.. jadi ngiler..

NURA mengatakan...

salam sobat
wah kreatif banget,,
bisa bikin manisan mangga ya,,
trims infonya .

Awardnya mohon diambil, semua juga boleh kok
trims ya...

Noor's blog (inside of me) mengatakan...

Hmmm..kayaknya enak neh..!nyam..nyam..nyam..yummi..

rizal mengatakan...

mangga kering-mangga kering...

obral2....xixixi....

kalau mengga kering saya belum pernah denganr dan liat tapi kalau nangka kering udah sih...gimana sih rasnya..

jadi penasaran

Tukang Komen mengatakan...

Hmm.. keknya enak tuh, Cebu Philiphinr emang terkenal dengan mangganya... tapi kalau bisa buat sendiri kenapa tidak? kita kan punya mangga indramayu yang juga terkenal kelezatannya?

belajar blog mengatakan...

Hmmm...
sepertinya mudah untuk dipraktekkan nih
lah mbak aisha koq bisa tau cara pembuatannya, pasti jago tata boga yah

koleksi mainan mengatakan...

Mbak, kalo pake buahnya nangka ato salak apa sama cara buatnya?

Ibunda Sasha mengatakan...

disini kalo salak banyak yang dibuat gitu mbak... kalo mangga? kayanya produk lokal sini belom ada... mungkin karena mangganya sendiri disini sudah mahal kali hihii...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

emang asik tuh mangga kering. aku juga suka.

nana^site mengatakan...

enak bgt ni mba kayanya...
hmmm..yummy..
(*nana inget puasa..puasa..masih siang)

BrenciA KerenS mengatakan...

wew.. bikin ngileerr... enak banget tuh kayanya buat buka...

bikin sendiri?? hhhnnnggg sehari semalem ya?? beli? mesti ke pilipina yaa... gimana kalo saya dipaketin aja mbak.. hehehehhe

AISHALIFE-LINE mengatakan...

@adelays
wa'alaikumsalam..
di lihat dari bahannya sih halal sis...
Salam kenal juga ya.dan thanks kunjungannya.
@annie
nggak renyah sis,just kaya manisan..alot-alot gitu heheh.
@Lagi _usil
manggam matang bro.
@St_hart
hmm...kalau nggak biasa emang huek bro.
@alamendah
bagus bro,silahkan.
@Quinie
owh,semua mangga bisa kali sis..hihiih ngawur nih.
@noersam
betul bro, enak.
@a-chen
wah, masa bro.Syukurlah ...saya juga senang dengernya.
@buwel
yang tahu sis quin bro hehehe.
@a-chen
owh,maksudnya pandai menghasut atau merayu untuk mendapatkan sesuatu ya?Ok bro thanks.
@Dinoe
yub, silahkan sis.moga sukses ya prakteknya.
@YudiWS
manis,asam,terus ulet gitu bro.
@Ivan kavalera
hehehe,cocok buat cemilan bro.
@Seti@wan Dirgantara
hmm..boleh-boleh bro silahkan.and thanks.
@Willyo Alsyah P. Isman
Terimakasih bro.
@Ali Mas'adi
hiks, maaf ya bro.
@Nura
hihih belum mencoba sis.Thanks ya.
@Noor's blog
manis bro heheh
@Rizal
iya, karena mangga kering tempatnya di Philppina bro hehehe.
@Tukang komen
siip ,youk mari mencoba.
@Belajar ngeblog
ada resepnya sis heheh.
@koleksi mainan
aduh,saya kurang tahu ya sis.
@Ibunda Shasa
mungkin sis, atau belum ada pengetahuan tentang pembuatannya.
@Sang Cerpenis Bercerita
wah..bener sis
@nana^site
Yup manis-manis asam rasanya sis.mirip nano nano hehehe
@BrenciA KerenS
hihihi tinggal bungkusnya nih gemana sis?

zulhaq mengatakan...

nyam nyam nyam...jadi laper banget nih he he he

*buka puasa masih lama*

Reni mengatakan...

Mbak... pengen... Mau buat sendiri gak bisa.... !! Hiksss...

NURA mengatakan...

salam sobat
jadi pingin mangga nich mba...
lihat postingannya.Dried Mango.