16 September, 2009

Hakikat Hijrah

Meninggalkan tempat ke tempat lain atau perpindahan penduduk dari desa, ke desa lain,dari kota ke kota lain, dari pulau ke pulau lain,dari negara ke negara lain, dalam Islam di sebut hijrah.Hijrah merupakan peristiwa besar dalam sejarah umat Islam.Ia merupakan sebuah pengorbanan untuk memperoleh perubahan yang berarti dalam hidup.Subtansi hijrah adalah perubahan mendasar dari tatanan yang tidak kondusif ke arah tatanan Islami.Tatanan itu mencangkup berbagai aspek dan dimensi,mulai dari sosial,akhlak,ekonomi,hukum sampai pada politik dan kenegaraan.

Begitu juga kaum muslimah,mempunyai peran penting juga dalam sejarah hijrah di masa lalu.Di jelaskan bahwa Ummu Salamah berkata;"wahai Rasulullah,kami sama sekali tidak mendengar nama wanita di sebut-sebut dalam peristiwa hijrah.Lalu turunlah ayat "Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya,"sesungguhnya aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki maupun perempuan,sebagian kamu adalah turunan dari sebagian yang lain .Maka orang-orang yang berhijrah ,yang di usir dari kampung halamannya,yang di sakiti pada jalan-Ku, yang berperang yang di bunuh,pastilah akan Ku-hapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan pastilah Aku masukkan mereka kedalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya,sebagai pahala di sisi Allah.Dan Allah pada sisi-Nya pahala yang baik (QS Ali Imran :195).

Nah, hari saya juga akan memosting Award dari seorang ibu rumah tangga yang hijrah ke Saudi Arabia Jubail bersama keluarganya (rupanya dia ini senasib dengan saya juga,bedanya dia di Jubail sedangkan saya di Jeddah :)).Ialah ibu.Nura, semoga dia dan keluarganya di sana selalu dalam sehat walafiat, bahagia,sakina tidak kekurangan suatu apapun.Terimakasih banyak atas Awardnya yang bagus-bagus ini.Suatu penghargaan yang tidak akan pernah saya lupa,dalam bersama maupun berpisah.Masih dalam rangka menjalankan ibadah puasa,so met berpuasa, moga ibadahnya di terima Allah swt amin.

40 komentar:

kawanlama95 mengatakan...

pengalan sejarah mengenai hijrah memang akan terus diungkap. dan sebuah kebaikan berawal dari proses berfikir yang kearah yang lebih baik dan sebuah tulisanpun bukti dari sebuah pengungkapan hizrah. selamat

Madu Nektar mengatakan...

..., aku ingin hijrah menuju baik, salam kenal, ...

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Hakikat Hijrah adalah penghidupan yang lebih baik...
Selamat dan sukses untuk Awardnya.

AISHALIFE-LINE mengatakan...

@kawanlama95
Terimaksih.
@Madu Nektar
semoga.salam kenal juga.
@Seti@wan Dirganta@ra
Terimakasih bro.

rizal mengatakan...

hijrah memang peristiwa besar bagi umat islam sehingga penghitungan tahun untuk kalender islam di mulai saat nabi hijrah...

salam buat temen sis....heeee

zulhaq mengatakan...

betapa mulia dan agungnya allah SWT, hingga di turunkan surat ali imran itu...

awardnya indah mbak :)

al-lavendari mengatakan...

Salam Puan.

jadi harus usah risau untuk berhijrah dari daerah yang buruk kepada daerah yang lebih baik. kemudiannya jika telah stabil di daerah baru, boleh saja kembali ke daerah lama untuk menjernihkannya.

Sharing is Fun mengatakan...

Nice article sis. Smoga Ramadhan thn ini menjd momentum bg qt utk berhijrah menuju kwalitas ibadah yg lbh baik. Met menjlnkan ibadah shaum Ramadhan 'n menyambut 1 Syawal 1430 H. Mhn maaf lhr dan bathin. Keep intouch

Noor's blog (inside of me) mengatakan...

Selamat ya mba atas awardnya..dan mumpung masih sempat walau masih beberapa hari lagi, saya mau ucapin selamat hari raya Idul Fitri, Minal Aidhin Walfaidzin..mohon maaf lahir dan bathin..semoga mba AISHA berbahagia bersama keluarga.

Noor's blog (inside of me) mengatakan...

Oh..ya saya juga ingin memberikan award buat mba AISHA ( kreasi mba Henny ) di hanya ilusi. Bila berkenan silahkan dicicipi...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

selamat awardnya ya. btw, ada peer utkmu, cek di label peer aje. judul : BIKIN PEER, AKH.

Isti mengatakan...

Mampir, takut keburu mudik. Menyampikan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1430H. MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN
.

Abula mengatakan...

catatan dan dokumentasi sejarah telah banyak memberi gambaran bahwa hijrah syarat akan hikmah dan bermuatan hakikat ... bagi orang-orang (yang tentunya) beriman dan bertakwa kepada-Nya...

Salam Ramadhan Al Mubarok

Berry Devanda mengatakan...

menghijrahkan hati adalah sesuatu yang sulit...
tapi jika sudah dilakukan...dapat menyejukan...

dadangsupriadi mengatakan...

Assalamualaikum...
Artikel yang menyentuh kalbu...
Bagus..sekali

Dinoe mengatakan...

Nice artikel sis..and selamat atas awardnya...moga selalu sukses...

baburinix! mengatakan...

salam kenal aja ya mbak, selamat deh dengan awardnya

ceuceusovi mengatakan...

nice award...

Sis..bentar lagi lebaran..maaf lahir batin yaa.. gmn lebaran di saudi ?

chikal mengatakan...

saya mo hijrah aahhhh tp kmn ya??

quinie mengatakan...

sis, dikau ganti template juga bisa dibilang hijrah :)

buwel mengatakan...

HIJRAH dati yang buruk ke yang BAIK adalah utama YA....
Selamat Awardnya...

a-chen mengatakan...

SELAMAT awardnya....
mohon maaf lahir batin ya...

Dinoe mengatakan...

Assalammualaikum sis..

Selamat menyambut hari raya idul fitri , mhn maaf lahir dan batin

Dari
Sudinotakim&keluarga

Planet Jingga mengatakan...

met nyambut lebaran y sis...mohon maaf lahir dan bathin....

JengSRI mengatakan...

wah samaan nih mbak aisha kita dapetnya.

hakikat hijrahnya gak bedaan sama aku ya :)

yans"dalamjeda" mengatakan...

Dan aku pun berusaha untuk hijrah..... berharap bukan karena dunia, wanita atau selain Nya. Jika niat selainNya yang mengiringi hijrah kita, maka hanya selainNya saja yang kita peroleh?! Rasul telah mengajarkannya.
Semoga hijrah kita membawa berkah.

coffeeoriental mengatakan...

hijrah ke London??
hehehe.. itu lagunya changcuters yaa..

hijrah jangan lupa waspada sama kantong duit :P

devianty mengatakan...

selamat dan sukses untuk semua award yang mbak terima...

ivan kavalera mengatakan...

Mari berhijrah ke Jalan-Nya.Sebuah tulisan mencerahkan, mbak. Minal Aidin Wal Faizin.

Deny Deyn mengatakan...

shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Baginda Nabi Muhammad, sahabat, dan pengikut setia Beliau. , wahh yg dapet award nih, ahahah mohon maaf lahir batin sukses selalu :)

chikal mengatakan...

ibuuuuuu...

AISHALIFE-LINE mengatakan...

@rizal
terimakasih bro.
@Zulhaq
terimakasih bro.
@al-lavendari
betul juga.
@Sharing is fun
amin ya rabb...terimaksih sis,met menyambut hari raya idul fitri.Kul amm wa antum salim.mohon maaf lahir dan bathin.
@Noor's blog
Terimakasih brother.Met merayakan hari raya idul fitri,mohon maaf lahir dan bathin.
@Noor's Blog
Terimakasih awardnya bro.
@Sang Cerpenis bercerita
Thanks sista.terimaksih lagi buat PRnya ya.
@Isti
Minal aidin wal faizin sis.mohon maaf lahir dan bathin.Selamat jalan ya..
@Abula
Terimakasih.Ramadhan kareem.salam
@Berry Devanda
Hmm..dah pernah hijrahkah bro?:d
@Dadang Supriyadi
terimakasih.
@Dinoe
terimakasih sis,sukses juga untukmu.
@Baburinix
terimakasih..dan salam kenal juga.
@Ceuceusovi
ramai juga sis.Terimaksih ya...dan mohon maaf lahir dan bathin juga.
@Chikal
ke mana ya? gemana kalau ke rumah sebelah,setuju? hehehe
@quinie
hehehe, benar juga ya.kalau ganti baju,di bilang hijrah nggak ya?:d
@Buwel
betul bro...terimakasih.
@A-chen
terimakasih..mohon maaf lahir bathin juga.
@Dinoe
terimakasih sis..met merayakan hari raya idul fitri..mohon maaf lahir dan bathin juga..salam buat sekeluarga ya.
@Planet Jingga
Terimakasih bro..mohon maaf lahir dan bathin juga.
@Jeng Sri
hehehe cheers jeng.
@yans"dalamjeda"
yub bro,karena mencari sesuatu yang lebih baik.Moga hijrahnya sukses ya.
@CoffeeOrental
hmm...ada apa dengan kontong duwitnya bro?,kalau cuma kantongnya doang,lah..ngapain di waspadain heheh canda:d
@Devianty
terimaksih sis...sukses to you too.
@Deny Deyn
amin.terimakasih.mohon maaf lahir dan bathin juga ya.
@Ivan Kavalera
mari bro.Terimakasih...Minal aidin wal faizin.Dan mohon maaf lahir dan bathin ya.
@Chikal
iya,ada apa nak?:d
@
@

YANG GAMBI mengatakan...

Salam,

Selamat Hari Raya ‘Idil Fitri, maaf zahir batin.

zulhaq mengatakan...

terimakasihnya sama sama mbak :)

minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan bathin

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Ramadhan sebentar lagi khan pamit
Kemenangan akan kita gapai di hari yang fitri
Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi
Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa
Dalam kesempatan hidup ada keluasan ilmu
Hidup ini indah jika segala karena ALLAH SWT
Kami sekeluarga menghaturkan
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
Taqobalallahu minna wa minkum
Mohon maaf lahir dan bathin

Blog GABUS mengatakan...

wah " HIJRAH KE ARAB "

Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

Blog GABUS mengatakan...

selamat ya! seneng dong dapat award cakep-cakep?

Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

Ari mengatakan...

Hijrah....
Yang terberat Hijrah Hati.

Bukan Hatinya yang di Pindah
Tapi memindahkan Isi Hati Nurani..
Dari yang tadinya penuh dengki, kemaksiatan, Amarah menuju Hati yang Damai, Tentram berbalut Iman.

Semoga Dengan Ramadhan ini
Kita bisa berHijrah hati
Untuk menuju Tempat Penuh Kemenangan
Penuh Kerahmatan.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
Mohon maaf Lahir dan Batin

lovepassword mengatakan...

Selamat Idul Fitri
Maaf Lahir Batin yah..

bamz mengatakan...

hijrah, pindah dlm artian melangkah dengan niat yg lebih baik. met idul fitri mbak.