31 Oktober, 2009

Lebih dari 12.000 Cina Haji

JEDDAH: Lebih dari 12.000 peziarah Cina tiba haji tahun ini.150-anggota misi Haj Cina, termasuk 44 dokter dan paramedis, sudah di sini untuk menerima mereka.Sekumpulan pertama peziarah akan mendarat di Terminal Haji pada hari Sabtu.

Vice President dari Asosiasi Islam Cina Yang Zhibo Mustafa, yang juga anggota Komite Nasional Rakyat Cina Konferensi Konsultatif Politik, mengatakan perempuan diperhitungkan ada dua perlima dari peziarah Cina. Semuanya berusia antara 35 dan 70 dan akan divaksinasi terhadap H1N1.

Islam menempatkan dirinya sebagai salah satu dari lima agama besar di Cina setelah memasuki negara 1300 tahun yang lalu. Cina, dengan lebih dari 1,3 miliar orang, memiliki penduduk Muslim 23 juta, terutama terkonsentrasi di provinsi barat laut Xinjiang dan Ninxing. Pada resepsi host dalam kehormatan di kediaman Konsul Jenderal Cina Wang Yong, mengatakan Zhibo masyarakat bebas untuk mempraktikkan agama. Cina memiliki 40.000 masjid dan beberapa sekolah-sekolah Islam, termasuk 10 lembaga-lembaga utama. Lebih dari 15.000 pekerja Islam aktif dalam menyebarkan pesan perdamaian dan toleransi.

Teringat Zhibo kunjungan Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah ke Cina baru-baru ini dan mengatakan kedua negara berbagi tujuan yang sama - untuk menciptakan masyarakat yang harmonis. Dia mengucapkan terima kasih Raja dan Kerajaan untuk menyediakan fasilitas dan memungkinkan para peziarah untuk melaksanakan haji dengan mudah dan kenyamanan.

Asosiasi Islam China didirikan pada 11 Mei 1953 di Beijing dan mewakili Cina Muslim Nasional. Lembaga ini juga menyelenggarakan Haji dan Umrah ziarah bagi umat Islam di negara ini. Karena diciptakan organisasi telah memberikan kontribusi bagi upaya pemerintah dalam menerapkan kebijakan kebebasan beragama, membawa meneruskan tradisi Islam, mempersatukan umat Islam di negara yang berpartisipasi dalam pembangunan, mempromosikan hubungan persahabatan dengan umat Islam di negara-negara lain, dan menjaga perdamaian. Asosiasi telah memainkan peran dalam menjaga stabilitas dan cina dalam ekonomi dan pembangunan sosial.

PS:Saya baru tahu, kalau di Cina banyak yang Islam juga...hehehe.

32 komentar:

dasir mengatakan...

Pagi kak,ijin mengambil pertamax,berapa harganya di arab?

sibaho way mengatakan...

kan, carilah ilmu sampe ke negeri cina mbak :D

tupaitambun mengatakan...

Asalamualaikum

salam kenal ya Mbak yang tinggal d negeri seberang sana.. :)

Kuliah Gratis mengatakan...

Pengen bisa berziarah kesana...........kapan ya???

Handycraft Store mengatakan...

Salam kenal sek mbak

alamendah mengatakan...

Islam di China emang berkembang dengan pesat.

Aribicara mengatakan...

Salut dengan jamaah dri Cina itu..

kapan aku dipanggil utk ibadah di pusat kiblat Selutruh umat islam di dunia yach ?

Salam :)

alijaini mengatakan...

Wah ternyata muslim dicina lumayan banyak ya mbak.moga saja terus berkembang pesat.Untuk jamaah haji,yang paling banyak tetep dari indo ya mbak?

ratna wulandari mengatakan...

waw mba....ternyata dicina banyak muslimnnya ya n banyak bgt yang haji...jadi terharuuu....sekaligus bahagia

vany mengatakan...

wah, saia jg baru tau, mbak...
tapi senang deh dengarnya...
ternyata islam jg berkembang pesat di cina....hehehevany

rizal mengatakan...

banyak juga ya muslin di cina...
kapan ya gw nyampe disana...??

annie mengatakan...

Subhanallah, memang perkembangan Islam di negeri Tirai Bambu itu kiat pesat ya mbak...

apa kabar mbak? semoga tetap sehat dan semangat ya

annie mengatakan...

eh,blogku belum di-link ya mbak? hehe ...

Ali Mas'adi mengatakan...

baru tahu juga nih.. klo ternyata banyak juga umat islam di china..

zulhaq mengatakan...

banyak banget yah ternyata jamaah cinanya...
lama kelamaan akan penuh tuh kayaknya

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

aku pernah punya teman yg WNI keturunan tapi beragama Islam juga. Hebat ya, Islam berkembang juga sampai ke negeri Tirai bambu.

Rumah Ide dan Cerita mengatakan...

Saya jadi ingat Laksamana Cheng Ho. Seorang muslim China yang jadi komandan Ekspedisi ke berbagai negara berabad- abad yang lalu.

Laksamana Embun mengatakan...

Islam memang ga kenal batas negara.. Kalau perlu seluruh alam semesta berhak memeluk islam termasuk makhluk2 di luar planet bumi,,,,

Laksamana Embun mengatakan...

Oia Neng jadi Kita tukaran linknya? Linknya Neng udah embun psng di blogroll..
Di tunggu konfirmasinya ya...

Duan mengatakan...

di sini pun ramai juga cina yg belajr ilmu agama..
siap boleh tutur arab lagi..hihi

Deny Deyn mengatakan...

emg umat islam ada ada dimana
jadi pingin haji juga neh,

Kanwara mengatakan...

wah mantap infonya...

namaku wendy mengatakan...

suka deh mbak liat liputan berita tentang peradaban muslim di cina tu, kental banget kereligiusannya, trus mereka ramah banget kalo menerima dan menjamu sesama sodara muslim yg berasala dari negara lain, ato luar Cina:)

Chalief mengatakan...

Assalamualaikum sis,lama gag blogging nih aku, apa kabarnya?
about d'Post: iya yaa???wahh...banyak juga yaa??? n lagi mereka mungkin emnak pada mampu buat naek haji semua..wkwkwkwk...
blogwalking Sis...
Chalief

yanuar catur rastafara mengatakan...

wah,ternyata banyak juga yah dicina yang pergi haji..
selamat dech untuk mereka yg berkesempatann

Narzis.net mengatakan...

Wah...kok saya juga baru tw ya mbak kalo di china itu banyak yang Islam juga..??
Hihihi... :D

reni mengatakan...

Buku "Ma Yan" yang pernah kubaca, menceritakan tentang orang-2 China yang memeluk Islam mbak. Tapi mereka kebanyakan miskin....

Berry_Devanda mengatakan...

banyak juga ternyata calhaj dari cina...
terus berbagi pengetahuan mu mbak...

Bongjun mengatakan...

wah gara-gara kelamaan masuk hutan hampir saja kehilangan informasi ini.
Aisha sudah berapa kali berhaji ?

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Infonya mantap mbak... baru saya tau perkembangan Islam di China.
makasih.

neng rara mengatakan...

assalamualaikum..
gimana kabarnya sis..sehat?
saya bener-bener baru tahu, banyak juga penganut islam di cina ya?
syukurlah
salam

TRIMATRA mengatakan...

semoga yang 12.000 banyak jugah yah, meski dibanding 114ribu lebih jamaah indonesia itu jumlah yang kecil. Namun adakalanya yang kecil itu kadang lebih berkah, lebih mabrur dari yang banyak.

@btw, blog ini sudah masuk daftar blogrolku.