19 Oktober, 2009

Puisi kecubung biru di hari lebaran

Waktu lebaran saya dapat SMS puisi lebaran dari teman di Kalimantan.Karena puisi nya bagus,jadi saya masukkan ke blog :D.

Kecubung biru dari Kalimantan.
Cantik di sanding dengan berlian.
Berhubung sudah masuk lebaran,
Salah dan khilaf mohon di maafkan.
Minal aidin wal faizin...
Mohon maaf lahir dan bathin.

Di katakan batu kecubung telah kehilangan nilai banyak karena penemuan deposito yang luas seperti di Brasil.Pada zaman dahulu batu kecubung banyak di gunakan oleh orang mesir kuno.Dan sebagian besar bekerja untuk intaqlio engraved gems (permata berukir).

Di Yunani orang-orang percaya bahwa permata kecubung bisa mencegah mabuk.Sementara tentara Eropa Abad Pertengahan kecubung di pakai jimat sebagai perlindungan dalam pertempuran.Butir-butir batu kecubung di temukan dalam Anglo-Saxon kuburan di Inggris.Gua batu kecubung dari dekat Santa Cruz di Brasil Selatan di pamerkan Dusseldorf Jemarn 1902.Batu kecubung adalah birthstone untuk Febuari.

Kata Yunani "amethystos"(batu kecubung) di terjemahkan sebagai "tidak mabuk".Amethyst penangkal yang kuat terhadap mabuk.Itulah sebabnya mengapa gelas anggur sering di ukir dari batu kecubung.

Dalam metologi Yunani,Dionysus (dewa mabuk) sedang mencari seorang gadis bernama Amethystos, yang menolak kasih sayangnya.Amethystos berdo'a kepada para dewa untuk tetap suci.Yang mana dari dewi Artemis mengabulkan dan mengubah dirinya menjadi batu kristal putih kuarsa.Merendahkan Amethystos dengan keinginanya ingin tetap suci,Dionisus menuangkan anggur di atas batu sebagai persembahan.Mewarnai kristal menjadi ungu.

Variasi ceritanya termasuk Dionysus menganggap telah di hina oleh seorang manusia dan bersumpah untuk membunuh manusia lainnya yang melintas di jalan.Ia menciptakan harimau ganas yang siap melaksanakan tugas membalas murkanya.Ternyata manusia muda cantik yang melintas adalah Amethystos yang sedang dalam perjalanan untuk membayar upeti kepada dewi Artemis.Amethystos terhindar dari kematian oleh Dewi Artemis yang  mengubah dirinya menjadi patung kristal murni kuarsa untuk melindunginya dari cakar harimau yang brutal.Dionysus menangis air mata anggur dalam penyeselan melihat patung yang indah itu.Air mata dewa kemudian menodai kristal menjadi ungu.

Amethyst atau batu kecebung bisa di temukan di beberapa negara seperti:Indonesia,Brasil,Korea Selatan,Uruguay,Rusia, Dan Amerika Serikat.

PS: saya sich nggak percaya dengan metologi-mitologi seperti ini,tapi suka membacanya :D

20 komentar:

alamendah mengatakan...

(maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
Amethyst keren banget. Dan ternyata kita juga punya, ya?

Dinoe mengatakan...

Nice post sis...

Saya pernah dengar juga Kecubung punya berbagai khasiat, benar atau tidaknya blm ada kebenaran

Ali Mas'adi mengatakan...

ada juga ya batu kecubung... kirain cuman bunga.. klo bunga kecubung bisa bikin mabuk.. batu kecubung bisa cegah mabuk ya...

Noor's blog (inside of me) mengatakan...

Eh..saya juga baru denger tuh ada batu kecubung...yang saya tahu itu anak kodok yang item2..he..he

kak_ega_punya cerita mengatakan...

cerita mitos2 begini saya suka bacanya mba.. makanya nilai sejarah saya dulu suka tinggi hehe.....

wah Indonesia banyak juga nilai2 seninya.... mari kita selamatkan :)

Kang Sugeng (mantan copet) mengatakan...

Batu kecubung memang sangat berkhasiat, ini bukan cuma mitos lho. di desa saya masi bnyk ditemukan batu itu di tempat2 tertntu

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah, kecubungnya keren. itu ungu ya, mbak? bukan biru dong. btw, ada award ya untukmu.

Inuel^-^ mengatakan...

wahhhhhhhhh... ternyata kecubung juga ada yang bukan bunga yah ^_^, bisa dibuat cincin ngga ?

annie mengatakan...

Maaf mbak, baru mampir lagi nih. Baru bisa 'nafas' lagi hehe ...
Puisi kecubungnya bagus tuh.
Soal khasiat batu saya suka denger juga, tapi benar tidaknya ...? wah...

Postingannya bagus buat menambah informasi. Trims ya ...

Riz@l mengatakan...

saya kirain sejenis tumbuhan, karena titempat saya ada sejenis tumbuhan namanya juga kecubung, dulu banyak orang menanamnya sebagai tanaman hias.

bongjun mengatakan...

wah mitosnya bagus,...i like it

kawanlama95 mengatakan...

kunjungan balik, selamat siang terus berkarya

lilliperry mengatakan...

woo.. infonya menarik..
keren.. keren.. :)

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

ada award ya. cek di postingan ke 500

narsis mengatakan...

wah gara-gara puisi jadi tau tentang sejarah batu kecubung

salam kenal..

Zippy mengatakan...

Mantep nih, dari sms jadi sejarah si batu kecubung, xixixiix...
Saya tadinya kira batu kecebong, wkwkkwkw...

Vicky Laurentina mengatakan...

Bingung korelasinya kecubung dengan mencegah mabuk. Barangkali di batunya ada tulisan "Awas jangan minum banyak-banyak"..

BrenciA KerenS mengatakan...

hhnngg aku baru tau sekarang mbak...

AISHALIFE-LINE mengatakan...

@alamandah
betul bro :D
@Dinoe
Owh,gitu ya sis.Thanks ya.
@Ali Mas'adi
really bro?emang enak di makan bunga kecubungnya? baru tahu nih.
@Noor's blog
hehehe anak kodok kan "ceblong" bro.Hahahah jauh beda dong.
@Ka-ega-punya -cerita
wah,suka juga ya sis.give me five sis heheh.Mari...mari...
@Kang Sugeng
oooh, gitu bro? memang tinggal di mana bro?Setahu saya adanya di Kalimantan?
@Sang cerpenis Bercerita
hihihi betul sis.Seharusnya kecubung ungu ya,bukan biru huahahah.Yang bikin puisi lagi mabuk apa ya?Thanks banget awardnya ya....
@Inuel
yub bisa sis.cincin ,gelang,kalung pokoknya bisa di buat seluruh perhiasan.
@annie
nggak pp sis,relax aja ya...betul sis.katanya banyak kasiatnya dari zaman dahulu kala.sama-sama sis.
@Rizal
betul bro.Saya tahu juga bunga kecubung.
@Bongjun
really bong? I like it too! thanks ya.
@kawanlama95
thanks bro.sama-sama ya.
@lilliperry
Thanks bro.also kunjungannya.
@sang cerpenis bercerita
Thanks sis, I'll check it.
@Narsis
betul bro hehehe.Begitulah kalau banyak teman ya bro hehehe.
@Zippy
hihihhi zippy....Nha,saya baru denger juga nih batu kecebong.
@Vicky Laurentina
Yah..cerita mitos kan emang seperti sesuatu hayalan bro.keajaiban-keajaiban di dalamnya.
@BreciA KerenS
Owh OK, sis saya juga hehehe.

Pakde Cholik mengatakan...

Lho saya dulu punya banyak lho batu kecubung, tak taruh dimana yaaa. soalnya saya di Kalimantan selama 12 tahun, 2 anak perempuan saya lahir disana semua.
bagus tuh kecubung biru, sebagus Tenda Birunya Dessy Ratnasati...

Btw, apa nggak ikut Ladies Program di Blog saya, mbok mbuat masakan haya Timur Tengah tho nduk trus kirim ke blog saya yaa, please.
salam hangat dari Surabaya.