15 Maret, 2010

Jasa seekor tikus

Hallo kawan-kawan...hari ini topik postingan saya masih "seputar tikus".Kalau kita melihat seekor tikus dengan sekilas,tikus ini binatang tidak berguna,sangat menjijikkan,mengganggu,bahkan bervirus.Maka dari itu tak segan-segannya manusia memburunya dan membunuhnya.Sedemikian buruknya anggapan kita terhadap tikus,namun,tikus ini sangat bermanfaat,dan berjasa besar buat makluk hidup lainnya,spesial manusia.

Contoh manfaat dan peran tikus buat manusia:

Medis
Di gunakan sebagai penelitian medis.Alasan peneliti untuk memilih tikus karena periode kehamilannya pendek,tingkat pertumbuhannya yang cepat,relatif rendah pemeliharaannya dan ringan temperamen.Tikus di gunakan untuk mempelajari penyakit manusia tertentu,termasuk hilangnya ingatan,distrofi otot,kanker,AIDS,cystic fibrosis,penyalahgunaan obat,penyakit genetik,cedera tulang belakang,penyakit jantung,Alzheimer,diabetes dan parkinson.Rumah sakit di China saja menggunakan 10.000 tikus untuk penelitian setiap tahunnya.Belum di seluruh dunia.

Space Travel dan Pendidikan
Tikus juga di gunakan sebagai subjek percobaan pada awal program luar angkasa.Seekor tikus bernama Hektor,menjadi pahlawan nasional di Perancis pada tahun 1961,setelah menjadi hewan pertama naik ke atmosfir lebih rendah dalam sebuah roket.
Tikus juga hewan pertama menjalani anestesi dan pembedahan di ruang angkasa selama penelitian untuk menentukan apakah tidak adanya gravitasi otot yang terkena dampak pembangunan di tikus muda.

Spiritual
Di India tikus di anggap sebagai dewa.Menurut keyakinan mereka hidup dengan tikus(kerja,makan,minum dan tidur)adalah suatu keberkahan.

Seni Sastra
Seringkali seekor tikus di gunakan menjadi bahan kritikan untuk para koruptor.Salah satunya adalah dari F Rahardi seorang penyair sekaligus wartawan penulis sajak "catatan harian sang koruptor"(Pustaka Sastra,Jakarta 1985).Sebagaimana dalam puisi:"tentang tikus" ini.

Tikus-tikus jorok itu melubangi kebun rakyat
dan mencuri cek lembar demi lembar
dan menumpukanya dalam gudang 75 cm
di bawah permukaan tanah.

Ku kerahkan herder
ku siapkan sekop
ku bongkar dan ku tumpas tikus-tikus bodoh dan memalukan.

Bagiku
cek,bini muda,mobil
gedung atau karet KB
semuanya bernyawa dan punya kaki
mereka tak pernah ku kejar
kucari-cari atau kucuri
mereka semua datang sendiri
tiap hari sebagai upeti.
Sajak ini walaupun di tulis puluhan tahun lalu,akan tetapi masih releven dengan konteks sosial-politik yang terjadi saat ini.Nah,sudahkah kita berjasa seperti seekor tikus guys? hihihi.Mari kita renungkan...

28 komentar:

Alrezamittariq mengatakan...

kasian juga si tikus....
tapi hebat juga sih..tikus adl hewan yg gak akan punah deh kayaknya...hehehe

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

hoho... :)

ternyata ada sisi lain dari pada tikus yang lebih baik dari pada gedebak-gedebuk diatas plafon kamar saya semalam

mrpsycho mengatakan...

puisinya bagus banget sis, saya pinjam ya hehehe, btw di Indonesia tikus lagi ngetop,namanya politikus

Noor's blog (inside of me ) mengatakan...

Tapi yang buat ujicoba kan bukan tikus sembarangan alias tikus putih...jadi tikusnya ngga banyak dosa..he..he

rizal mengatakan...

tidak ada yang Allah SWT ciptakan didunia ini sia-sia...

dan tikus ternyata mempunyai jasa buat keberlangsungan umat manusia

hidup tikus eh salah...

tikus juga dijadikan perumpamaan orang yang suka korupsi..

Pandi mengatakan...

betul, betul, betul, jadi inget ayat Allah tidak menciptakan sesuatu secara sembarangan.. jadi pasti ada manfaatnya, meski untuk sebagai contoh, alat uji coba, atau penelitian.. salam kenal..

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

ha ha ha..namanya pembela tikus ya, sis?

dinoe mengatakan...

besar juga manfaat tikus untuk penelitian ya sis,....dan tikus juga dianggap spirutul di India, juga sebagai simbol koruptor ....benar-benar tikus ini namanya selalu jadi bermakna...nice post sis.....

Darin mengatakan...

analisis yang mantap mbak. iya ya kenapa tikus sering jadi bahan percobaan? ckckck

duniaira.blogspot mengatakan...

tikus...dua dunia berbeda yang menjadi simbol dua muka Ups.....maksudnya kebaikan dan keburukan!!!

Raa mengatakan...

Nice post!! tikus.......apapun bentuknya tetep aja menggelikan!!!

catatan kecilku mengatakan...

Tikus telah menginspirasi mbak Aisha dua kali ini ya..? ^_^

the others... mengatakan...

Oke mbak.., aku akui jasa-2 sang tikus tapi aku tetap gak mau dekat-2 dg Tikus hehehe

Ali Mas'adi mengatakan...

wah.. terinspirasi tukus kemarin ya...

kak_ega_punya cerita mengatakan...

juga jadi inget lagunya bang iwan fals...

tikus2 tak kenal kenyang.. rakus2 bukan kepalang..... :)

hihi jadi inget jaman kos dulu pas musimnya banyak tikus, mpe dinamain tikusnya 'si meti'

NURA mengatakan...

salam sobat
wah jasa tikus ternyata ada,,saya tahunya musuh saja,,
untuk puisinya,,bagus mba,,
rangkaian katanya pas.

Putra mengatakan...

berkunjung, ditunggu kunjungan baliknya

AISHALIFE-LINE mengatakan...

@all
Terima kasih ya teman-teman..kunjugannya...

aisyah muna mengatakan...

Astaga....
di kosku sekarang lagi heboh pembantaian tikus besar2ran..cos tuh tikus2 dah membuat resah para penghuni kos...
hahahaha..

AISHALIFE-LINE mengatakan...

@Aisyah muna
jadi,saya sendiri nih fron pembela tikus hihi

Aulawi Ahmad mengatakan...

sebentar aku renungkan sist......iya aku suka tikus putih aja kalau tikus diatap rumah ngeriiiii segede kucing hehehehe, awas looo diimpiin tikus kemaren hahahaha

AISHALIFE-LINE mengatakan...

Aulawi Ahmad
ooh, gitu ya bro,jadi kalau manusia hitam takutkah?hehehe

Agung Aritanto mengatakan...

walaupun kadang suka mengganggu ternyata banyak juga yaaa manfaat tikus thanks yaaa dah sedikit menyadarkan saya

aviorclef mengatakan...

-_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-
*******Salam ‘Blog’!!*******
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Mba Aisha.
Itulah kemahaagungan Allah mba..
Dibalik sesuatu yang tampak tiada berguna, ternyata terdapat manfaat yang sedemikian dahsyatnya..
Oh ya, ada satu lagi manfaat tikus mba...Yaitu buat pasokan makan ular-ular dan buaya.
Dijual laris manis tuh, cocok untuk bidang usaha.
BTW, bagaimana kabar si tikus yang dijebak kemarin mba???
Dilepas atau bagaimana??
-_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-

aviorclef mengatakan...

-_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-
*******Salam ‘Blog’!!*******
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Mba Aisha.
Itulah kemahaagungan Allah mba..
Dibalik sesuatu yang tampak tiada berguna, ternyata terdapat manfaat yang sedemikian dahsyatnya..
Oh ya, ada satu lagi manfaat tikus mba...Yaitu buat pasokan makan ular-ular dan buaya.
Dijual laris manis tuh, cocok untuk bidang usaha.
BTW, bagaimana kabar si tikus yang dijebak kemarin mba???
Dilepas atau bagaimana??
-_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-

anak nelayan mengatakan...

mampir..mau lihat tikus hehehe

megi mengatakan...

kayaknya si tikus lebih banyak dijadiin kelinci percobaan, kasihan yah :(

Dunia Hape mengatakan...

Tapi ujung2'nya saya tetap geli mbak sama tikus.
Binatang pengerat yang satu ini menjijikkan banget sih :D