15 Agustus, 2010

Apabila Allah telah Membuka Hati Seseorang,Tiada Penghalang BagiNya.

"Hey,kamu jadi pergi ke German bulan ini,Nicole?"
"Iya,emangnya kenapa?"
"Gak kenapa-kenapa.Hanya tanya saja kok."
"Yee,gak napa-napa,tapi tanya.Curious ya...Mau ikut Sha?"
"Ah ngikut gemana?Masa puasa,puasa gini ke German sich,yang bener aja lho Nic!Entar buka puasaku gemana dong...?"
"Gak sah panik,di sana juga banyak makanan buat buka puasa!"
"Iya juga sich.Tapi,gemana dengan shalatnya?Apa ada masjid di sana?"
"Sepertinya di lokasi yang aku kunjungi tidak ada.Tapi kita bisa cari.Atau kita bisa shalat di mana saja kan?"
"Kalau cuma kita berdua,gemana dengan shalat tarawih dong?"
"Yaa..iya!Kenapa sich,Islam itu banyak aturannya?"
"Segala sesuatu itu ada aturannya,Nicole!Itu kenyataan!"
"Iya.Tahu!Tapi,aturan itu terlalu berat buatku!"
"O,o..tapi bukan berat buat saya!"
"Karena kamu telah biasa!"
"Yab,betul sekali.Karena telah terbiasa.Bagaimana kalau kamu juga membiasakannya ,Nicole?"
"Tidak bisa,Sha!"
"Jangan bilang tidak bisa,tapi kamu sebenarnya bisa,Nicole!Nanti Allah marah lhoh!Lagian kamu tidak pernah mencoba.Seingatku,setiap Ramadhan tiba pasti kamu pergi ke Luar Negeri.Jangan-jangan kamu sengaja menghindar,Nicole?"

Tiba-tiba aku di kejutkan oleh isak tangis Nicole.Sepontan aku beranjak dari kursi lalu menghampirinya.
"Nic,kenapa menangis?Apa kata-kataku tadi menyinggungmu?Maaf ya,bukan maksudku untuk membuatmu menangis."

"Tidak,Sha.Kamu,kamu benar.Sejujurnya aku memang sengaja menghindar.Aku tidak mampu menjalankan aturan-aturan dalam agama yang baru saja aku anut ini.Walau sebenarnya dalam hatiku yang paling dalam aku ingin sekali bisa melakukannya.Ingin sekali menikmatinya..Ingin sekali seperti kalian.."


"Hmm..begini Nic.Tidak ada paksaan dalam Islam,selagi kamu tidak bisa.Tetapi baik atau wajib buat kamu jika kamu berusaha untuk bisa.Kamu tahu kan,kenyataannya hidup itu penuh pilihan.Pilihan sekecil apapun.Dan setiap pilihan memiliki aturan.Nah,aturan itulah yang akan membawa kita menuju sukses ke dalam apa yang kita pilih itu.Contohnya kamu sendiri sekarang.Kamu telah melakukan sebagian aturan menjadi Islam,kecuali puasa dan shalat tarawih.Karena baru sebagian,berarti kamu belum sukses 100% menjadi Islam.Jangan takut,banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk menyukseskannya.Misalnya hal puasa;jika hari ini kamu tidak kuat puasa sehari penuh,kamu bisa puasa setengah hari.Bila setengah hari kamu bisa lulus,esoknnya kamu bisa nambah  3/4 hari dan seterusnya hingga kamu bisa sampai satu hari penuh.Mudah kan?"

"Bagaimana dengan shalat tarwihnya,Sha?Kakiku semutan jika berdiri lama-lama!"

"Sama saja ,Nic!Kalau kamu tidak kuat melakukan rekaat penuh,kamu boleh melakukan sekuat kamu.Tetapi ingat ya..selagi kamu kuat,kamu wajib melakukannya.Jangan membohongi diri sendiri.Yah..kalau kamu ingin sukses dengan pilihanmu sich!Semua tergantung pada dirimu sendiri!Toh,yang sukses dirimu sendiri juga nantinya,bukan saya!"

"Iya..iya!By the way,mau minum teh Sha?"

"Boleh!Kamu tahu aturan dan cara bikin teh,Nic?Ambil air taruk di teko kek atau panci kek,lalu didihkan.Setelah mendidih tuang di cangkir teh,atau celupkan itu daun tehnya ke teko atau pancinya sekalian.Biarkan 5 menit taruk gula sesuai selera,baru deh jadi teh."kedip-kedip mata ngeledek"."

"Hahaha...hahaha.. Aisha...awas lho ya..tunggu balasanku sehabis bikin teh..."

Nicole adalah teman kerjaku.Dia asli dari Lebanon dan asli agamanya Masehi.Pertama yang Islam hanya status passportnya.Dia berubah pikiran untuk pindah ke Islam setelah merasa dia mencari nafkah di Negeri Islam.Dia masih seperti saya waktu kanak-kanak,waktu masih belajar puasa dan shalat.Bermacam-macam cobaan gembira dan sedih bahkan yang menggelikan ia alami,selama menjalankan rul Islam.Cobaan yang sangat sedih ,yang tidak pernah ia lupakan dan sering manjadi bahan tertawaan;ketika ia melakukan haji.Pas waktu lempar jumrat atau batu,tahu-tahu tengkuk lehernya kelempar sandal oleh orang Pakistan.Kejadian itu pernah membuatnya trauma,karena setelah itu dia jatuh sakit beberapa hari.Tapi traumanya itu hanya sementara..Subhanallah..apabila Allah telah membuka hati seseorang,tidak ada penghalang bagiNya.


Cerpen ini ikut meramaikan lomba penyambutan postingan  Sist Fanny yang ke 1000 (wow...)yang di selenggarakan oleh VIXXIO,untuk novel THE SWEETEST KICKOFF karya Wiwien Winarto.

24 komentar:

Itik Bali mengatakan...

Tak ada yang bisa melawan kehendak-Nya Sist
apa yang terjadi terjadilah
selamat pagi, happy weekend

pelangi anak mengatakan...

Memang butuh perjuangan ya (bagi seorang mualaf), apalagi kalau dari awal dengan usia yang sudah menginjak dewasa gitu. Dimana dalam berpuasa dan tarawih belum terbiasa.
Salut buat mbak yang berusaha membimbingnya untuk memperkuat iman dan bertanggung jawab terhadap pilihannya dengan segala aturan dan ketetapan yang berlaku. Semoga kedepannya temen mbak, semakin yakin dengan pilihannya dan lebih giat dalam menunaikan ibadah.

TRIMATRA mengatakan...

Komentarku idem sama itik dan pelangi.., met weekend mbak :p

Justmeilani mengatakan...

cerita yg bagus mbak,,,,aku benar2 trsentuh dg teman mbak yg gigih mnuju 100% islam. mbak aisha psti dp pahala besar tlah membantu temannya,..

Aulawi Ahmad mengatakan...

semua butuh proses ya sist :) btw fotonya mana si nicole sist, ayu nggak ? hehehe

catatan kecilku mengatakan...

Ini cerita berdasar kisah nyata kan..? Beruntungnya Nichole... :)

the others... mengatakan...

Ikutan lombanya mbak Fanny ? Semoga menang deh mbak... kali ini aku gak ikutan. Gak bisa buat fiksi.. :)

alamendah mengatakan...

makanya dalam setiap berdoa jangan lupa meminta untuk selalu mendapatkan limpahan rohmad, taufiq, dan hidyah dari Allah.
Met mengikuti kontes cerpen, semoga sukses

Sudinotakim mengatakan...

Sebuah kegigihan yang mantap sis..salut buat temannya..btw moga sukses kontesnya ya sis..

NURA mengatakan...

salam sobat
semoga lombanya menang
semangat,walau puasa.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

ok, aku catat ya. tks sista.

r10 mengatakan...

hidayah memang milik Allah, kita hanya bisa bantu dengan support

asasi mengatakan...

keren! kak ^_^ Allah memang memberi hidayah pada setiap orang yang di kehendakinya. keep spirit, keep istiqomah! semoga cerpennya menang! ^_^

inge / cyber dreamer mengatakan...

kisah yang menarik dan mengugah mba'...

wah kita bersaing nie...
tapi cerita mba' lebih dapet maknanya ^^

semangat yah ^^
moga menang ^^/

Ali Mas'adi mengatakan...

Met puasa ya kakk..

wah ini cerpen realita ya... pasti menang nih... semangat...

Elsa mengatakan...

muallaf memang banyak cobaannya ya
tidak semudah itu

makanya, aku salut sama para muallaf yang tetap penuh semangat belajar agama

BABY DIJA mengatakan...

Tante,,,,
Dija pingin ke saudi..
naik haji...

aisyah muna mengatakan...

Subhanallah...semoga hidayah selalu tercurah bagi untuk kita semua..
amin
salam buat nicole ya sista...
^_^

ekopras mengatakan...

Allah Maha Kuasa

camajuyas mengatakan...

waah lomba tho ternyata...moga menang ya mbak...

ivan kavalera mengatakan...

Segalanya berasal dari dan akan kembali lagi kepada-Nya.

Semoga sukses dalam lomba cerpennya mbak Fanny.

arfi mengatakan...

wah.. semoga menang ya.. sist fanny memang top bgt deh.. udah mau postingan 1000.. hehe

Naruto 506|Naruto 507|Naruto 508|Naruto 509|Naruto 510|Naruto 511|Naruto 512|Naruto 513|Naruto Info|Naruto Spoiler|Naruto Volume|Naruto Shippuden|Naruto Wallpaper|Naruto Soundtrack mengatakan...

saya amat setuju..

TRIMATRA mengatakan...

ayuk mbak...update update,,,dah mulai ada yang nye-pam tuh si naruto!!