02 Desember, 2010

Berilah Orang Lain Kebebasan Ingin Menjadi Apa


Ketika orang lain memberi kebebasan kepada kita silahkan"ingin menjadi apa" tentu saja kita senang,merasa nyaman dan bebas.Begitu juga kalau kita memberi kebebasan kepada orang lain silahkan"ingin menjadi apa"mereka tentu sangat senang,merasa nyaman,dan bebas pula.

Seyogyanya  memang kita harus saling menasehati dengan apa yang kita anggap benar.Tetapi apa yang kita anggap benar,tidak tentu di anggap benar oleh orang lain,walaupun apa yang kita anggap benar itu sebenarnya memang benar-benar,benar.

Menasehatilah,tetapi bukan menghakimi.Yakni dengan cara yang halus,sopan tidak menyinggung perasaan.Sehingga tidak akan membuahkan pertengkaran,kesalahfahaman lalu menjadi permusuhan.Nah kalau sudah begitu,tadinya bermaksud mau berbuat baik,malah berbuat maksiat,percuma kan?Bukannya dapat pahala malah dapat dosa!

Kebanyakan atau pada umumnya apapun nasehat baik kita,tidak akan di amalkan atau tidak akan di gunakan oleh orang lain,kecuali mereka telah benar-benar hatinya di buka oleh Allah swt.Dengan melalui pengalaman-pengalaman mereka atau melalui kejadian-kejadian yang menimpa mereka.Mereka baru sadar atau insyaf.Hakikatnya hanya Allah swt yang bisa membuka hati manusia untuk bertobat ke jalanNya.

P.S:saya pribadi suka sekali membaca nasehat-nasehat baik dari kawan,baik melalui;novel,status facebook,blogger,dan lain-lainnya.Namun kenyataannya yang saya amalkan hanya pelajaran-pelajaran dari pengalaman pribadi saya sendiri.Jarang sekali atau bahkan tidak pernah menggunakan nasehat dari orang lain atau pengalaman orang lain.

20 komentar:

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

gimana juga pengalaman adalah guru yg terbaik.

Itik Bali mengatakan...

Sebenernya emang ga ada yang bisa ngerubah kita kecuali Tuhan mbak..
makanya meski dipaksa kaya apa juga ngga akan bisa..

AISHALIFE-LINE mengatakan...

@SCB & Itik Bali:betul,sisters.

Kreasi Unik Barang Barang UNIK dan LUCU Dengan Model barrack Obamab mengatakan...

ya....
saya ingin bebas sebebas bebasnya....

makasih mbak... artikelnya menarik

Aulawi Ahmad mengatakan...

yah memang seharusnya begitu sist, tapi kdg susah juga memberi masukan atau nasehat ama org yg gak suka dinasehati spt diriku ini hehehehe

Frodo Baggins mengatakan...

hidayah itu dari dia ...
dah habis usaha semua,
nasihat, didikan, teguran ..
akhirnya, kita bserah
tp, bebas itu mmg nikmat .. keh3x

Anonim mengatakan...

Total Control sepotong Marketing Review-Besar detail yang Anda telah diterima? Di artikel situs. Berharap aku bisa mendapatkan lebih banyak hal di situs web Anda sendiri. Aku akan tiba lagi.

Bahauddin Amyasi mengatakan...

Yang wajib kita lakukan hanyalah menasehati, Mbak...

lama nggak berkunjung. salam...

kira mengatakan...

yah, but, terkadang, freedom is never free. hehehe

catatan kecilku mengatakan...

Jika memungkinkan... kita bisa memberi nasehat, tapi apakah nasehat kita dapat diterima atau tidak adalah urusan mereka sendiri mbak.

the others.... mengatakan...

Begitulah Sist... seringkali niat baik tak diterima dg baik.

gayuh mengatakan...

aku setuju mbak, salinjg menasehati dan berlomba dalam kebaikan,.

Fajar mengatakan...

nasehat atau masukan dari orang..lain...merupakan suplemen tambahan...mbak...jumpa lagi..di dunia blog..mbak..

Noor's blog (inside of me ) mengatakan...

Pendapat dari orang lain memang perlu Mba namun kayaknya pengalaman memang jadi guru yang terbaik

neng rara mengatakan...

assalamualaikum..
halo mbak..
nasehat menasehati sesuatu yang baik, apalagi jika kita merasa ternasehati dan berubah menjadi baik.
lama ga kesini..
gmana kbrnya ?
salam

Fajar mengatakan...

mbak sarah..ada award sederhana mohon diterima ya...

Elsa mengatakan...

ya...apapun kalo dipaksa kan jadinya kurang baik. yang ada malah nanti tertekan yaa

four dreams mengatakan...

kunjungan perdana, izin follow yaaa :) ditunggu follow backnya

Laksamana Embun mengatakan...

Selagi kita bisa menasehati org dgn sesuatu yg baik, nasehatilah dia, diterima g diterima itu urusan belakangan,,,

Elong Bujang mengatakan...

Salam kenal .. terima kasih informasinya