31 Mei, 2009

Fatwa yang terabaikan

Malam ini saya blogwalking,hingga sampai jam 3 malam baru tidur.Saya lihat banyak bermacam-macam komentar miring dari para pengguna Facebook yang di tujukan oleh para ulama yang mengeluarkan fatwa "haram", antara lain :
ada yang bilang mereka orang-orang terbelakang,munafik,kurang kerjaan,harus di edit mulutnya dan lain sebagainya.
Menurut pengalaman saya pribadi,sejak mengenal Facebook tahun 2004,Facebook tidak membawa kemajuan apa-apa dalam hidup saya.Betul Facebook memang membawa banyak teman tetapi hanya di maya.Betul ini sangat bagus sekali,tapi bagi kita yang mengerti /tahu cara menggunakannya.Walaupun sebagian besar saya tidak mengenal mereka ,apalagi sampai di ril.Mengingat berbagai berita yang saya terima; banyak terjadi pembohongan,perampokan,pelecehan,pembunuhan dan sebagainya dari Internet jaringan sosial FB dllnya saya tidak berani untuk bertemu mereka di ril . Nah bagaimana dengan orang lain yang tertimpa musibah-musibah seperti itu dari Facebook?bukankah kalau di blokir /di haramkan ,kita sama dengan menolong mereka? Amal baik bukan? Atau Bukankah ini berarti suatu perhatian/proteksi dari para Ulama?

Hari ini saya menemukan banyak berita-berita bahwa FaceBook memang banyak positifnya tapi juga banyak membawa dampak negatif .
Contohnya yang baru saya terima hari ini :
1.Banyak laki-laki yang lupa kewajibannya terhadap istri.
2.Banyak istri lupa kewajibannya terhadap suami.
3.Banyak orang tua lupa kewajibannya mengurus anak.
4.Banyak anak yang mengabaikan orang tua/ tidak mau membantu orang tua.
5.Banyak yang rumah tangganya berantakan karena dapat teman baru/pacar lewat Facebook.
6.Banyak student yang bolos,tidak konsentrasi ke pelajaran, ngantuk di kelas, lupa bikin PR.
7.Ada juga yang sampai membunuh orangtuanya(ibunya) karena di larang nge-net.
8.Banyak karyawan yang tidak fokus pada pekerjaan,sehingga perusahaan harus memblokir jaringan ini di perusahaan mereka(di kantor saya sudah ada).
9.Banyak komentar-komentar negatif /cacian dan makian sesama teman chatting.
10.Bunuh diri karena pacarnya yang sangat cantik (photonya) memutuskannya (anak SMP umur 15 tahun) di Amerika Oprah show.
11. Bunuh diri (anak P umur 17 tahun) karena di caci,di hina, diledek sama lawan chattingnya (korea news).Ini belum berita negatif dari Yahoo Messenger,My Space, dan lain-lainnya.

Tentu saja kejadian-kejadian seperti ini dalam Islam tidak ada ampunannya.Karena hukum Islam adalah hukum yang tegas .
Menurut artikel yang saya baca di bimasislam.com sekitar 700 ulama telah sepakat menyusun panduan dalam menjelajahi Internet.Hal itu dilakukan setelah para kiai menerima pengaduan soal FB dan situs-situs lain di internet. Termasuk, kekhawatiran soal s*ks terlarang atau pornografi. Sehingga, FB dinyatakan haram, terutama jika digunakan untuk bergosip dan menyebarkan kebohongan,emang kebanyakan ini yang terjadi. Demikian juga bahwa FB haram jika para pemakainya membincang tentang masalah intim secara terbuka atau mendukung perilaku vulgar .Memang kebanyakan justru itu yang paling menyenangkan/mengasikkan(tanya Dr srex/Mr.Bonjun/Mr.P kalau nggak caya) hehe.

Di katakan lagi; jika dilihat dari tinjauan kaidah fikihnya, bahwa keharaman FB bukan terletak pada substansinya (FB sebagai sarana teknologi), namun terletak pada penyikapan orang terhadap FB untuk hal-hal negatif. Artinya, ada sesuatu yang menjadi kekhawatiran jika FB digunakan secara salah, dan memang sebagian orang telah menyalahgunakan dan sangat mempengaruhi karakteristik social.Dan Indonesia adalah yang terbesar ke 3 setelah Eropa memakai jaringan sosial FaceBook ini.Indonesia tidak apa-apa termiskin di dunia,yang penting kan bisa banyak teman maya(bayangan) hehhe .Sungguh Fatwa yang sangat terabaikan.

18 komentar:

Planet Jingga mengatakan...

teman2 dikantorku ga suka fesbuk2an, chatting2an, mungkin jg mereka sibuk x ya...
pokoknya bebas ngenet dan mau browsing apa aja, tidak diblokir karena itu td sy yang adminnya, sy lebih suka mereka surfing di internet dr pada ngerumpi dikantor... he he.

Anonim mengatakan...

Di kampus juga udah mulai di blok loh mba.. karena emang banyak yang lupa kalo udah facebuking sih. Padahal ya gt2 aja, research mentok, ip ga naek.. hihihi

Dream Competition mengatakan...

@Planet Jingga
wah asik dong, perusahaan apa bro? segitu bebasnya? hehe

@Crysanti
hihhi,tuh kan? tambah lagi berita lagi.Thanks sis.Karena keasikkan jadi lupa waktu.fasbukan ini cocok yang masih /lagi pengangguran heheh.

Fernando de Greesse mengatakan...

baru tidur jam 3 malam ya sis, atau lagi ngebayangin perhiasan kemarin?...uda deh beli ajaaah 8 biji , kan murah katanya cuma 2000....xixixixi....
btw tadi pagi masak apa sis?....hasilnya gimana?....enak nggak?....
(maaf banyak nanya)....xixixi

Dream Competition mengatakan...

@Fernando
hehehe, iya bro kebayang, ke impi.Lagi sendirian jadi males masak bro,beli di luar terus, kalau nggak ya numpang hihihi.

rizal mengatakan...

Ya memang kalau semua yang berlebihan itu tidak baik... jangan gara-gara FB urusan yang wajib terlupakan apalagi sampai lupa shalat kacau deh...

jangan sampai dari NETWORKING menjadi NOT WORKING

bongjun mengatakan...

hancur minah,....hahahaha,.....
fb saya malah mati suri,..xixixi

kayaknya lebih asyik ngeblog.

setuju dengan pembatasan penggunaan terutama dilingkungan kerja. Kita juga harus bikin jaringan penyebar informasi ttg penjahat-penjahat cyber crime tsb.

Mungkin perlu bikin satu blog khusus menampung informasi kejahatan tsb, lalu setiap anggota siberat wajib masang widgetnya di setiap blog mereka.

persoalannya siapa yang mau mulai dan jadi admin-nya......? xixixixi (serius)

Fernando de Greesse(H.Romi Mubarok AF) mengatakan...

hahahaha....akhirnya ada yang nanya.....
Nama Asli Ane: H.Romi Mubarok AF
Tempat tinggal: Jl.Gubernur Suryo 49 Gresik - masih ada keturunan Arab tapi jauuuuuh sekali berabad-abad yang lalu...xixixi
Nama Samaran: Fernando Muhammad*
*Muhammad: Nama Almarhum anak saya
*Fernando: artikan aja sendiri xixixixi....
(pertama kenal sama Bang Bongjun tahun lalu pake nama ini, jadi keterusan deh)
terserah sis dikau manggil ane apa aja, Fer,Rom,Bro,Wak Kaji,Cak,Bos,....asal yang baik2 ajah hehehe....
sedangkan dikau asalnya dari?....mulai di Arab taon berapa?....
maaf nanya lagi (karena nggak pernah dijawab)xixixixi....rilex aja sis..hehehe

bongjun mengatakan...

oh ya keluapaan,...namanya : FBCIC = FaceBook Crimes Information Center. siapa yang mau jadi relawan ? itung-itung amal...

sayang jaringan inet di planet aneh lemot,...

ceuceusovi mengatakan...

naa..ini dia..sebagian merasa fesbuk banyak manfaatnya, sebagian lagi ngga, lalu MUI pusat sendiri sudah mengkonter fatwa ulama seJawa-Madura dan mengeluarkan fatwa halal bagi fesbuk... saya sendiri telah mengganti akun fesbuk dengan id corporate yang belum tahu ada positifnya atau tidak bagi corporate. Ini yang jadi pertanyaan..apakah fatwa haram itu bisa dipilah? artinya fesbuk dapat menjadi haram bagi yang menyalahgunakannya dan bisa halal bagi yang merasa mendapat manfaat darinya..??

mrpsycho mengatakan...

Jika kita bisa bersikap dewasa dan cerdas,kita harus mampu menggunakan semua teknologi dengan bijak .. yg tidak terkontrol itu yg salah. Semoga kita dapat me-manage waktu dengan baik,tidak mengganggu aktifitas kerja,perhatian kepada keluarga..
pS:dari FB,baru saja saya dapat foto kenangan ketika SMA,sudah 17 tahun silam..kalau kejahatan,alhamdulilah belum pernah terjadi

Ratusya mengatakan...

di pesbuk sayah ketemu penjahat!!!! di gambar wingko babat ada tag saya, diserbat juga ada tag sayah...
huahaha.. becanddaaaa :D peace!!!

etha mengatakan...

maakaacii iiahh atas kedatangannya :)
etha sekarang bisa bubu :)
maacii

Neng Rara mengatakan...

ass.
lebih banyak jeleknya ya sis,
sy pikir saya jadi setuju jika fb di blokir aja, atau yg sejenisnya jg. biar konsen, kerja.
wasalam

Dream Competition mengatakan...

@Rizal
Betul bro.Makasih.

@Bongjun
hehe bong,setuju deh.Tapi bisa juga lewat blog anda caranya,nggak sah repot-repot.

@Fernando
asik dapat alamat complet(entar malem bawa truk ngambil semua koe cerutunya heheh).
Iku berduka dengan pernah kehilangan putranya bro,yang kuat dan sabar ya.
Owh, begitu toh, saya penasarannya tuh karena setahu saya nama Fernando itu dari Nort Amerika bro heheh.
Yang jelas alamat saya di atas bumi di bawah langit nomer tlpn:+24434 hahah.Thank bro

@Ceuceusovi
Jawabannya di atas sis.Fatwa haram just untuk mencegah hal-hal yang negatif.dan ini kembali ke si pengguna.

@mrpsycho
Yub bro semoga saja.Dan alhamdulillah, ya moga selamat selalu amin.

@Quinie
hihiih sis,saya masih belum bisa kunjung ya,..sorry.Bisa tapi kalau nyampai separoh bunyi "dong" Operation aborted hahha.

@Etha
makcih kembali etha...

@Neng Rara
wa'alaikum salam
heheh saya sih setuju aja sis,but yang lain nih pada kecanduan hahaha cian banget deh.
wassalam.

oops hey mengatakan...

salam...
saya sepakat klosecara subtansi FB atau FS 100% halal,.. sama dengan komputer, internet dll...
Apa-apa yang secara subtansial itu baik seketika bisa menjadi sangat tidak berguna... termasuk web dan blog kali ya,...

Dream Competition mengatakan...

@oops hey
Yub bro.Tapi kalau di terapkan undang-undang,para pengguna akan lebih berhati-hati dalam menggunakannya dalam hal negatif.
Thanks.

Anonim mengatakan...

Murderers will have there hands and feet removed surgically and releasedBeryl is a mineral known to gem lovers under several different names, the most valued of which is the EmeraldVisit Nilesh GoreAbout Author Name : NIlesh B Gore Profession : Sports fans in cheap Reebok jerseys from across the country love their memorabiliaAnyway it does appear that we nearly have the necessary technologies to serve mankind in fixing these issues before 2012, the question really is will we and is the Mayan Calendar even an issue?"Lance Winslow" - If you have innovative thoughts and unique perspectives, come think with Lance;At West Point, in a speech, President George W
Giving these gifts will allow you to share with others your most unique treasure: your authentic self Every time you write an article, run it through the checker atDepending on the dogs normal diet, reduce or entirely eliminate meat Pierre and Gigi are top contenders for any dog, especially those with a little oo-la-la in their genes

[url=http://www.authenticnikefalconsshop.com/julio-jones-jersey-for-sale-c-15_19.html]Julio Jones Jersey Sale[/url]
[url=http://www.authenticnikefalconsshop.com/tony-gonzalez-jersey-for-sale-c-15_22.html]Tony Gonzalez Jersey Sale[/url]
[url=http://www.authenticnikefalconsshop.com/tony-gonzalez-jersey-for-sale-c-15_22.html]Cheap Tony Gonzalez Jersey[/url]