25 Mei, 2009

Kesalahan Medis

Kemaren selesai studi saya tidak langsung pulang rumah.Di tawarin teman saya untuk ikut bergabung bersama dia dan teman-teman lainnya di rumahnya.Karena saya nggak ada kegiatan apa-apa di rumah,jadi hayo aja.Di sini kami menceritakan pengalaman masing-masing dari yang pribadi sampai umum.Macam-macam pengalaman dari mereka saya save di hati.Saya ambil yang baiknya untuk saya jadikan contoh dalam hidup saya.

Ada beberapa pangalaman mereka yang bikin saya was-was ,ngeri dan takut.
1.Pengalaman noura.Ia mempunyai seorang adik yang operasi di sebuah rumah sakit di London.Adiknya menjalankan operasi karena kata dokter bayinya yang di perut itu malang.Jadi bayi harus di keluarkan lewat perut.Dilakukanlah apa kata dokter itu.namun di sini para dokter yang menangani adiknya kurang hati-hati.Ada kain handuk yang ketinggalan di dalam perut sehabis di operasi.Sehingga menyebabkan perut adiknya ini kenyang terus tidak bisa makan apa-apa beberapa hari.Sampai saat ini masih dalam penanganan .Dan belum di keluarkan itu kain handuknya.

2.Pengalaman Basma .Waktu ada perang di Lebanon ,dia waktu itu ada di situ.Dia ikut menolong orang-orang yang terluka,hingga dia juga ikut terluka parah.Dia diangkat oleh salah satu mobil palang merah dan kemudian langsung di masukkan ke kulkas mayat,kata dokter dia sudah mati.Salah satu dari saudaranya punya perasaan bahwa dia ini masih hidup.Dan ternyata Basma ini memang masih hidup! subhanallah kadang perasaan itu tidak bisa di bohongi.
Iseng-iseng saya tanya waktu itu di lagi ngapain dan kemana.Kata dia terasa apa-apa ,terasanya senang aja gitu .Lihat surga neraka tidak? tidak lihat apa-apa,tidak terasa apa-apa katanya heheh.

3.Pengalaman Dr. Inas.Inas ini dokter bedah di salah satu rumah sakit besar dan terkenal (tidak usah di sebut RSnya karena berbahaya).Dia telah membunuh 3 pasien karena tidak hati-hati/keteledoran.Waktu penjalanan operasi dia salah memotong urat pasiennya di bagian yang mematikan.Perbuatan ini telah dilakukan sampai 3 kali berulang-ulang.Namun tidak ada satupun dari dokter lainnya buka mulut (tentu saja kalau bukan mulut bisa membahayakan RSnya).Ia sangat menyesali keteledoran ini .Hingga ia sekarang berhenti dengan aktifnya sebagai dokter bedah.
Semua pengalaman di atas ini atas kesalahan medis.Tidak semua dokter sih, melakukan kesalahan yang seperti ini,tapi bikin saya was-was dan ngeri!
Ps:Cerita di atas ini tidak mengada-ada/merekayasa,ini pengetahuan berdasarkan pengalaman teman.Tidak kurang juga tidak nambah .

16 komentar:

ceuceu mengatakan...

waduh...ngeri banget denger ceritanya.. 1.sepinter2nya seorang dokter ya, dia manusia biasa, sangat mungkin melakukan kesalahan
2.sebagai pasien, kita memang harus kritis
3.jangan lepas berdoa dalam tiap langkah kita, mungkin ini juga yang menyebabkan kita terhindar dari kasus seperti pengalaman Basma..Dia memberi petunjuk lewat saudaranya..
4. Dr.Inas, semoga Dia mengampunimu..

salam kenal yaa...

sii melyn mengatakan...

serem amat sist..
abis ini, pasti waswas kan kalo mau ked0kter.
Huehe, minta selalu dijagain DIA aja.

Tapi daridulu ana kalo sakit emang gak pernah mau ke d0kter sih. Bukannya takut d0kternya teled0r ato gimana, tapi ana takut dikasihin obat. Huehe..

Ng0m0ng2 s0al kesalahan medis, sepupu ana yang kena hidrocephalus itu dulu juga sempet dioperasi. tapi karena kesalahan medis tadi, bukannya sembuh malah tambah sakit.

susah juga ya jadi d0kter. Niatnya mau nyelamatin tapi malah sebaliknya. Tapi yah, balik lagi, semua t0h ada resikonya.

juntakutdokter mengatakan...

tadinya saya takut sama dokter,...kebayang jarum suntiknya nancep di,....tapi setelah ketemu 2 orang ndogter blogger,...jadi gak takut lagi,...xixixixi

Planet Jingga mengatakan...

mbak cerita di atas hampir sama di RS tempatku, kalo berobat di RS tersebut sang pasien bukannya sembuh tapi tambah parah bahkan bs menemui ajalnya.

blm lg sering terjadi kesalahan diagnosa dari dokter di RS tersebut, contohnya pernah ada pasien divonis terkena ginjal dan sang dokter menyarankan untk dioperasi segera, untung sang pasien merasa ragu dan mencoba berobat diluar daerah ternyata tidak ada apa2 dan alhamdulillah smpi skrg baik2 saja, pokoknya bnyk cerita lain yg tidak bs ceritakan satu2, sy jadi ngeri jika sakit dan hrs berobat di RS tersebut.

Aishalife-line mengatakan...

@ceuceu
Yub betul.Penyesalan seorang dokter yang melakukan kesalahan lebih berat dari pada keluarga yang di tinggal mati pasien bro.Itu katanya.Jadi menghantui dia terus selama hidup.Salam kenal juga.

@Melyn
saya dulu yakin 90% ama dokter sis,tapi sekarang kok ngeri,setelah tahu kejadian-kejadian yang negatif.

@juntakutdokter
hehehh,dokter yang 2 itu beda lagi Bong....nggak menakutkan maupun mengerikan...

@Planet Jingga
nah ada lagi nih...sungguh mengerikan ya bro.

chrysanti mengatakan...

Wah seru banget mba curhatnya.. semua critanya tragis ya. Malpraktek juga ada ya disana? ckckck..

take care ya mba..

Aishalife-line mengatakan...

@chrysanti
heheh semua ada juga di sini sis,complete.Thank you.

chrysanti mengatakan...

Waduh.. Arab kan negara kaya ya mba.. kenapa bs bgt ya? itu yang disangka udah meninggal parah banget.. dimasukkin kulkas. jahat ih

Aishalife-line mengatakan...

@Chrysanti
Kejadiannya waktu perang Lebanon-Israel sis,jadi mungkin dokternya terburu-buru,karena terlalu banyak pasiennya.Apapun alasannya mustinya tidak sampai terjadi ya..

Neng Rara mengatakan...

ass.
wuihh..serem,mbak.
apalagi yang handuk tertinggal tuh, masih mendingan kalau donat yang tertinggal di perut.(he..he.. maaf)
memang dokter saat perang perlu kerja cepat dan tepat, tp jika dimasukin kulkas mah..wuiih salah juga, kaya buah-buahan aja.
menarik mbak.bisa jadi cerita seru nih utk sharing ke keluarga saya mbak.
wassalam

Aishalife-line mengatakan...

@Neng Rara
wa'alaiki salam.
wah kalau donat yang ketinggalan nggak sah repot sis hehe.langsung hancur tuh donatnya.Masuk kulkas masih dalam keadaan hidup.mengerikan ya sis.
wassalam.

Fernando mengatakan...

hehehe....makanya sebelum check up berdo'a dulu, minimal baca bismillah....namanya juga ikhtiar n semoga kita terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan...kroscek kadang-kadang juga perlu kok sis hehehehe....

Aishalife-line mengatakan...

@Fernando
Kalau di sini nggak lepas dari Bismillah bro kemana dan dimana saja.Sudah garisnya kali...

chikal mengatakan...

kesalahan adalah milik manusia tapi berusaha tuk terhindar dari kesalahan adalah kewajiban.. so jaga hati dengan selalu mengedepankan iman dan taqwa insyaAllah kita terhindar dari perbuatan yang ga kita inginkan.Amiiin

Aishalife-line mengatakan...

@chikal
Yub bro,sayangnya tidak semua manusia bisa menghindari kesalahan.Bagi yang yang tidak terkena musibah/mengalami itu mudah untuk berkesimpulan bro hehe.

Quinie mengatakan...

ya dokter kan juga manusia biasa, kadang salah juga.
Btw, ketinggalan gunting di dalam tubuh juga pernah kejadian di Indo kok.